Skip to main content

Contoh SK Tim Literasi Sekolah Format Word

Saat ini setiap sekolah diharuskan menerapkan program literasi sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter. Masing-masing punya kebijakan sendiri untuk mensukseskan program. Yang paling banyak dipilih adalah program 15 menit di awal masuk sekolah untuk membaca buku-buku bacaan. Dan masih banyak bentuk lainnya.

Namun meski sudah menerapkan, ternyata banyak sekolah yang belum membuatkan SK Tim Literasi Sekolah. Mungkin karena sudah berjalan dan menjadi rutinitas, sehingga membuatkan SK yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini menjadi terlupa. Untuk beberapa waktu lalu, ketiadaan SK ini tidak berdampak apa-apa. Tetapi untuk saat ini, sekolah kiranya perlu segera membuat. Selain untuk tertib administrasipada dapodik versi 2019.d saat ini, akan muncul tanda warning pada menu sekolah jika belum memasukkan SK Tim Literasi.

Tanda peringatan tersebut tentu akan hilang setelah kita memasukkan  Satuan Tugas, Instansi, Nomor SK, TMT, TST, dan seterusnya.

Untuk itu, pada bagian akhir artikel ini kami bagikan contoh SK Tim Literasi Sekolah dengan tujuan mempermudah Bapak/Ibu yang membutuhkan.

Baca juga : Cara Mudah Menerapkan Program Literasi Sekolah

Pembentukan tim literasi sendiri bisa dilakukan melalui beberapa tahapan. Diawali dengan Kepala Sekolah mencermati guru-guru yang diyakini memiliki kepedulian lebih terhadap penumbuhan literasi di sekolah, yang nantinya akan masuk ke dalam tim. Kemudian dengan kewenangannya KS mengadakan rapat penetapan TLS.

Baru kemudian TLS ditugasi melalui surat keputusan berikut hak dan tugas yang harus dilaksanakan. Jika memungkinkan, diberi kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop literasi sebagai wujud pengembangan profesional tentang literasi.

Namun demikian, jika bicara tentang kesuksesan gerakan literasi di sekolah (GLS), tentu bukan hanya tergantung peran guru yang masuk ke dalam tim. Melainkan  perlu tanggung jawab dari semua guru dan warga sekolah dalam mensukseskan program ini. Dengan kata lain, bagaimana kegiatan literasi ini menjadi budaya dan pembiasaan di lingkungan sekolah.

Baiklah, berikut ini contoh SK Tim Literasi Sekolah. Silahkan bapak/ibu edit jika memerlukan perbaikan. Semoga bermanfaat.
Download SK Tim Literasi Sekolah.doc

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar