Skip to main content

follow us

Beberapa waktu lalu, Kemdikbud RI membuat sayembara desain logo untuk peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Karya yang dibuat diunggah di akun instagram masing-masing dengan menyertakan hashtag #sayembarahardiknas2019 dan #hardiknas2019. Logo terpilih nantinya akan dijadikan logo resmi Hardiknas 2 Mei 2019.

Ternyata, antusias peserta yang mengikuti lomba ini cukup tinggi. Terbukti lebih dari 1000 kiriman yang menyertakan tagar di atas. Karya-karya mereka harus diakui sangat unik dan kreatif. Mulai dari yang simpel hingga rumit, saling berlomba agar menjadi yang terpilih. Selain hadiah uang, tentu ada harapan agar logo buatan mereka bisa terpampang di banner-banner atau spanduk Hardiknas Mei nanti.

Berikut ini screenshot dari logo-logo yangdiikutkan lomba:

Nah, dari sekian logo tersebut, akhirnya Kemdikbud mengumumkan pemenang jatuh pada karya Nurjiwo Wibisono, pemilik akun instagram @wibison_isme.

Inilah logo resmi Hari Pendidikan Nasional 2019:

Makna logo :

  1. Bintang : menggambarkan semangat Hardiknas untuk melahirkan generasi berprestasi.
  2. Keceriaan : menggambarkan suasana pendidikan di Indonesia yang menggembirakan penuh antusiasme untuk menuntut ilmu.
  3. Pena : menggambarkan karya intelektual yang dihasilkan dari proses pendidikan yang profesional.
  4. Gradasi : konsep warna gradasi merujuk pada semangat kreativitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensi intelektualnya. (sumber: www.kemdikbud.go.id).

Pemilihan warna gradasi ini kiranya cukup tepat, karena tampak kekinian dan sedang populer beberapa waktu belakangan. Warna ini terlihat fresh dan menggambarkan semangat berkarya penuh kreativitas khas generasi muda.

Mengamati antusiasme dan kreativitas dari desainer-desainer yang ada, maka sudah selayaknya event sayembara seperti ini dilanjutkan. Terutama untuk peringatan hari-hari besar nasional. Karena ini termasuk salah satu cara yang positif untuk melibatkan generasi-generasi muda dalam perayaan event-event nasional.

Semoga peringatan Hardiknas tahun 2019 ini menjadi momen untuk membawa pendidikan kita ke arah yang lebih baik. Salam.

Artikel Lainnya: