Cara Mengerjakan Laporan BOS Online Terbaru

lapor bos online, input laporan bos, laporan bos k7a, salur bos, laporan penggunaan dana bos, komponen pembiayaan dana bos
cara mengerjakan laporan bos

Jika anda bendahara BOS, maka tentu sangat paham salah satu tugas yang harus dikerjakan adalah melaporkan bos secara online di web Kemdkibud. Tetapi terkadang, karena kesibukan lain seperti mengajar atau tugas lainnya, tugas ini menjadi terlupakan. Padahal laporan pertanggunggjawaban sudah selesai dan bahkan sudah dilaporkan ke dinas pendidikan.

Nah, agar tidak terlupa dan tugas menumpuk, maka segeralah mengisi laporan BOS online ini setelah menyelesaikan SPJ tiap triwulan. Mengapa? Karena ketika kita menyelesaikan bukti fisik SPJ ini sejatinya data-data yang diperlukan untuk lapor BOS online sudah tersedia. Jadi, tunggu apalagi?

Untuk kali ini, saya ingin membagikan cara mengisi laporan BOS online di web Kemendikbud. Tugas ini baru saja saya selesaikan. Sehingga artikel ini saya anggap dokumentasi kegiatan hari ini, hehe. Dan mudha-mudahan bermanfaat bagi anda khususnya rekan Bendahara BOS SD dimanapun berada.

Inilah step by step cara mengerjakan laporan BOS online 2019:

1. Sebelumnya, agar nantinya mudah dalam pengisian, siapkan dulu data Rekapitulasi Realisasi Penggunaan Dana Bos (Format K7a), yang berisi pengeluaran dana BOS untuk komponen-komponen pembiayaan yaitu:

  • Pengembangan Perpustakaan
  • Penerimaan Peserta Didik Baru
  • Kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler
  • Kegiatan Evaluasi Pembelajaran
  • Pengelolaan Sekolah
  • Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan dan Manajemen Sekolah
  • Langganan Daya dan Jasa
  • Pemeliharaan dan Perawatan Sarana Prasarana Sekolah
  • Pembayaran Honorarium
  • Pembelian/Perawat Alat Multimedia Pembelajaran

2. Jika form K7a sudah siap, anda bisa masuk ke web resmi nya di link ini https://bos.kemdikbud.go.id/.

3. Setelah masuk ke websitenya, cari tombol “Login Sekolah” di bagian bawah (lihat tanda panah pada gambar)

laporan bos online

4. Kemudian login dengan mengisi username dan password yang digunakan pada aplikasi Dapodik.

input laporan bos

Jika setelah login muncul Captcha, berikan tanda centang lalu klik “Proses”.

5. Setelah masuk di dashboard List Report Sekolah, anda bisa mulai mengisi laporan dengan mengklik tombol +/tambah (lihat gambar).

lapor bos

6. Pilih Tahun dan Triwulan yang akan dilaporkan. Misalkan saya ingin melaporkan BOS Tahun 2020 Triwulan 3 (Juli-September).

laporan bos k7a

Selanjutnya tinggal mengisi jumlah penerimaan dana dan pengeluaran pada tiap-tiap komponen. Anda juga bisa mengecek kolom Rekap Laporan (di bagian kiri bawah) untuk mengecek kesesuaian antara dana yang diterima, dana yang dikeluarkan, dan sisa dana.

7. Jika semua sudah terisi dan sudah yakin dengan isiannya, klik tombol “Proses”. Maka anda akan kembali ke halaman List Report Sekolah yang menandakan pengerjaan laporan BOS online sudah selesai. Tekan tombol “Logout” untuk keluar.

8. Bagaimana jika ada kesalahan dalam pengisian tadi? Atau ingin mengubah laporan? Jangan khawatir, karena kita bisa menekan tombol “Edit” untuk mengubah data-data yang ada.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kali ini. Dan jangan lupa, pastikan koneksi internetnya bagus dan stabil. Jangan sampai isian sudah terisi semua tinggal klik Proses tetapi gagal karena internetnya lemot, hehe. Selamat bekerja!

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.