Skip to main content

Gambar/DP Ucapan Selamat Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) 2019

Gambar/DP Ucapan Selamat Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) 2019
Tahukah anda kalau bulan September ditetapkan sebagai bulan gemar membaca? Plus tanggal 14 September adalah Hari Kunjung Perpustakaan (HKP)? Sebagai salah satu hari besar nasional non libur, HKP kurang begitu populer. Hingga kini belum ada kemeriahan berskala nasional yang datang dari hari ini.

Ini sangat disayangkan. Sebab sebagai bangsa yang sedang menginginkan literasi menjadi budaya bangsa, seharusnya momen ini dimaksimalkan. Setidaknya ada ajakan kepada masyarakat, sekali saja di bulan ini, untuk mengajak serta keluarga ke perpustakaan terdekat. Kegiatan yang jarang atau bahkan tidak pernah dilakukan sebagian orang.

Problem lainnya, perpustakaan dan buku masih identik dengan kalangan akademik, dan kurang menjangkau masyarakat luas. Ini perlu menjadi bahan refleksi, sebab salah satu tolok ukur kemajuan bangsa adalah masyarakatnya memiliki kegemaran membaca yang tinggi.

Nah untuk memperingati HKP, kita perlu menelusuri lebih dulu sejarahnya. Tahun 1995 di era Presiden Suharto adalah pertama kalinya ditetapkan hari besar ini. Tanggal 14 September dipilih karena berada di dalam bulan gemar membaca. Tujuan perayaan ini adalah pembiasaan kepada masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan kebiasaan membaca.

Beberapa kegiatan yang biasanya diadakan untuk memeriahan HKP antara lain, lomba menulis artikel, lomba foto instagram, lomba bercerita, stand up comedy, bazar buku, bedah buku dan sebagainya.

Apresiasi dan dukungan layak diberikan kepada lembaga dan pegiat literasi yang mengadakan kegiatan tersebut. Sebab mereka telah memberi bukti nyata bukan hanya untuk menyemarakkan HKP ini, tetapi juga ikut membudayakan literasi kepada masyarakat.

Gambar/DP Ucapan Selamat HKP 2019

Berikut ini beberapa gambar yang bisa anda bagikan kepada teman anda lewat media sosial untuk ikut memperingati hari besar ini.





Demikianlah beberapa gambar ucapan selamat hari kunjung perpustakaan yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan ini menjadi momen untuk lebih majunya literasi di Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar