Skip to main content

Cek Peringkat Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah

Cek Peringkat Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah - Artikel kali ini menjelaskan tentang bagaimana cara melihat hasil akreditasi sekolah, baik hanya ingin melihat peringkat akreditasi saja (A,B, atau C) atau juga ingin melihat nilai per komponen (8 standar) yang lengkap.

Setelah dilakukan visitasi oleh tim asesor, hal ditunggu-tunggu tentu adalah hasil akreditasi yang diperoleh. Harapannya tentu mendapat hasil minimal baik, bahkan kalau bisa unggul. Namun bila hasilnya tidak sesuai harapan, hasil akreditasi bisa menjadi acuan ke depan terutama komponen apa yang perlu ditingkatkan.

Melihat Peringkat Akreditasi Sekolah/Madrasah

Sebenarnya, untuk mengecek peringkat akreditasi itu sangat mudah. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja berangkat ke cara melihat hasil akreditasi sekolah anda sebagai berikut:

1. Pertama, masuk ke situs BAN-SM disini.
2. Pada kolom pencarian (di pojok kanan atas), masukkan nomor NPSN atau Nama Sekolah Anda. Klik “Cari”.
3. Maka akan muncul data berupa Nama Sekolah, Tahun Akreditasi terakhir, dan Peringkat Akreditasi. Seperti contoh pada gambar di bawah ini:

Melihat Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah Nilai Per Komponen

Jika ingin melihat hasil akreditasi secara lengkap, yaitu nilai yang anda peroleh untuk 8 standar meliputi:

  • Standar isi
  • Standar Proses
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
  • Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasaran (SarPras)
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan,
  • Standar Penilaian.

Maka caranya adalah dengan mengunduh dokumen Surat Keputusan BAN-SM, caranya sebagai berikut:

1. Pertama, masuk ke situs BAN-SM disini.
2. Silahkan mencari menu “Pengumuman”, lalu cari judul yang memuat pengumuman hasil akreditasi pada tahun sekolah anda melakukan akreditasi.

(Biar lebih mudah, inilah link untuk melihat pengumuman hasil akreditasi tahun 2018 dan 2019)

Pengumuman Akreditasi S/M Tahun 2018
Pengumuman Akreditasi S/M Tahun 2019

3. Setelah masuk pada link di atas, silahkan mencari provinsi anda lalu klik “Unduh SK”.
4. Setelah dokumen SK itu berhasil terdownload, silahkan mencari data sekolah anda. Disitu tertera hasil akreditasi mulai dari nilai per komponen, nilai total, peringkat dan predikat akreditasi.

(Tips: untuk memudahkan pencarian pada file pdf, silahkan cari tombol search/icon kaca pembesar, lalu ketikkan kata kunci bisa NPSN atau nama sekolah).

Nah itulah cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek atau melihat hasil akreditasi sekolah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar