Contoh Format RPP Terbaru 2021 (Sesuai SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)

format rpp terbaru 2020

Sejak dikeluarkannya kebijakan baru oleh Mendikbud tentang “Merdeka Belajar”, ada empat hal di sekolah yang mengalami perubahan. Keempatnya adalah pelaksanaan USBN, Ujian Nasional, kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru, dan format RPP.

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) seperti kita tahu adalah seperangkat rencana kegiatan belajar yang disusun guru dengan sedikitnya mencantumkan 13 komponen, meliputi identitas sekolah, mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, alokasi waktu, tujuan pembelajaran, KD dan indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Namun mulai tahun 2020 ini, RPP mengalami penyederhaan. Guru tidak harus mencantumkan semua komponen itu untuk menyiapkan pembelajaran. Alasan penyederhaan ini karena dianggap menghabiskan banyak waktu, padahal seharusnya guru bisa lebih fokus untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Apa dasar penyusunan RPP di tahun 2021?

Dasar dari penyusunan RPP kita kali ini adalah Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Disitu dijelaskan bahwa penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Dari 13 komponen RPP yang diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessmen) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Selain itu, guru juga diberi keleluasaan untuk memilih dan mengembangkan format RPP seperti apa yang diinginkan, dengan berfokus pada keberhasilan belajar siswa.

Apakah RPP saat ini harus 1 lembar/halaman?

Mengacu pada aturan di atas, sebenarnya tidak ada batasan dalam jumlah halaman. Istilah RPP 1 lembar/halaman baru muncul dalam tanya jawab tentang empat pokok kebijakan merdeka belajar, yang memperbolehkan RPP hanya 1 halaman saja.

rpp 1 halaman

Jadi, untuk efektifnya kalau cuma memuat 3 komponen ya sebenarnya cukup 1 halaman saja. Tapi jika harus lebih semisal kegiatan belajarnya cukup padat, bisa lebih dari itu.

Format RPP Terbaru 2021

Dengan melihat peraturan terbaru di atas, disini saya ingin membagikan beberapa format RPP yang sesuai. Jika berminat, silahkan menyimpan file dalam bentuk word berikut ini.

Fomat RPP K13 Tahun 2021 – 1

Untuk yang pertama kita buat RPP yang memuat 3 komponen inti, dengan menyisipkan alat, bahan, dan media pada langkah-langkah pembelajaran.

format rpp k13 tahun 2020

Format RPP K13 Tahun 2021 – 2

Yang kedua hanya variasi saja, dimana komponen-komponen yang ada dibuat dalam bentuk tabel.

format rpp terbaru

Format RPP K13 Tahun 2021 – 3

Konsep “Merdeka Belajar” seharusnya membuat penyusunan RPP tidak kaku seperti biasanya, melainkan bisa dibuat dalam bentuk gambar agar lebih menarik.

format rpp 1 halaman

Demikian beberapa format RPP dengan menyesuaikan pada Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019. Mudah-muadahan bermanfaat.

Untuk RPP K13 SD yang sudah terisi, akan saya bagikan pada postingan lainnya.

(Artikel ini telah di update pada tanggal 11 Agustus 2021)

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.