Skip to main content

Memperbaiki Kesalahan Identitas Siswa Dapodik Lewat Verval PD (Versi New)

Salam satu data berkualitas! Hehe. Memasuki semester genap seperti ini, biasanya ops ketiban pekerjaan berupa pendataan calon siswa peserta ujian nasional. Tugas ini mengharuskan ops meneliti kembali data identitas siswa kelas akhir di dapodik. Jangan-jangan masih ada kesalahan dalam penulisannya.

Kesalahan penulisan nama ini bisa merugikan siswa. Biasanya di Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang diterima siswa nanti, nama yang tertera juga akan ikut salah. Maka ops (bersama wali kelas) perlu mengecek kembali sudah sesuai apa belum dengan akta kelahiran siswa, agar data peserta ujian nasional nanti benar-benar valid.

Sayangnya, tidak semua identitas siswa bisa diubah begitu saja lewat dapodik. Data yang sudah terkunci dan tidak bisa diubah lewat dapodik diantaranya nama siswa, NISN, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu kandung.

Lalu, bagaimana solusinya jika data-data tersebut salah?

Satu-satunya cara untuk memperbaiki kesalahan data di atas (nama siswa, NISN, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu kandung) adalah dengan mengajukan perbaikan melalui laman Verval PD. Data yang kita ajukan harus menunggu approve dari dinas pendidikan. Jika sudah disetujui, maka data siswa akan berubah setelah kita lakukan sinkronisasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah pengajuan perbaikan identitas melalui Verval PD (Versi Baru):

  1. Siapkan terlebih dahulu dokumen bukti yang nanti akan diupload, yaitu scan akta kelahiran atau kartu keluarga berformat JPG/JPEG (maksimal 1 mb)
  2. Silahkan masuk ke laman http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
  3. Isikan username dan password untuk masuk verval PD.
  4. Seperti ini halaman beranda verval PD yang baru (2020) dengan beberapa fitur yang baru.
  5. Untuk memulai pengajuan perubahan data, pilih menu Pengelolaan - Edit Identitas.
  6. Pilih siswa yang akan diubah datanya pada menu Daftar Siswa. (pengalaman admin ini membutuhkan jaringan internet yang kuat, jika tidak maka nama siswa tidak mau muncul).
  7. Sekarang kita bisa menulis perbaikan identitas pada kolom yang tersedia. Teliti benar data yang akan anda ajukan, karena tertera keterangan bahwa perbaikan identitas hanya bisa dilakukan 3 kali.
  8. Jika sudah, klik VALIDASI.
  9. Terakhir, upload dokumen bukti yang anda miliki. File dokumen maksimal berukuran 1 mb. Jika sudah muncul preview dokumen, klik UPDATE DATA.
  10. Selesai. Silahkan cek pada Tabel Pengajuan Edit Identitas. Tinggal menunggu kolom status menjadi tercentang hijau, yang artinya sudah disetujui oleh dinas. Biasanya ini membutuhkan waktu 1 hari kerja.

Jika status sudah centang hijau, maka segeralah sinkron dapodik untuk melihat perubahannya. Namun jika perubahan ini juga untuk keperluan pendataan peserta ujian nasional, maka cek secara berkala di web PDUN. Mudah-mudahan datanya segera ikut berubah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar