--> Skip to main content

5 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Membuat Soal Ujian Online

Adakah disini Bapak/Ibu yang sedang melangsungkan pembelajaran jarak jauh? Nah, aplikasi apa yang anda pakai untuk membuat soal/kuis? Saya yakin kebanyakan dari Bapak/Ibu sudah mencoba beberapa aplikasi yang paling mudah, dan tentu saja gratis hehehe. Soal atau kuis online bisa didefinisikan sebagai soal yang bisa langsung dikerjakan melalui gawai atau laptop, dengan syarat tersambung internet, dan hasilnya bisa langsung muncul begitu soal selesai dikerjakan. Nah, berikut ini 5 aplikasi gratis terbaik untuk membuat soal online. Iya, gratis!

1. Google Form

Kita bisa menyebut google form sebagai yang terbaik karena banyak alasan. Membuat soal dengan aplikasi ini, maka otomatis anda terhubung dengan aplikasi pembelajaran online lain milik Google, seperti Google Classroom bahkan G Suite For Education. Menarik, bukan? Full gratis, tools ini punya fitur yang memungkinkan anda membuat soal ujian dalam bentuk multiple choice, isian singkat, atau jawaban penjang. Juga cocok untuk anda yang ingin membuat survey atau angket.

Ingin memulainya? Silakan menuju docs.google.com/forms/

2. Quizizz

Kelebihan dari aplikasi ini, terutama dari segi tampilan yang menarik. Cocok untuk menambah semangat siswa mengerjakan soal-soal. Namun, tampilan yang penuh warna lengkap dengan background musiknya itu, tentu membuat kebutuhan kuota lebih banyak. Jadi alangkah baiknya jika Bapak/Ibu menyesuaikan kondisi siswa sebelum memakai aplikasi ini. Jika anda malas bikin soal, disini sudah tersedia soal dari member lain yang bisa langsung digunakan.

Ingin mengeksplorasinya? Silahkan ke quizizz.com

3. Testmoz

Sebagai alternatif, anda juga bisa mencoba Testmoz. Bagi anda yang mencari cara yang simpel untuk membuat soal online, maka inilah jawabannya. Testmoz menawarkan cara mudah untuk membuat soal dalam semua bentuknya, juga bisa untuk buat survey/angket. Sayangnya, untuk versi gratis hanya bisa merekam maksimal 50 pekerjaan siswa dan tidak bisa menampilkan gambar pada soalnya.

Ingin mencobanya? Langsung cus ke testmoz.com

4. ProProfs

Aplikasi atau tools berikutnya bernama Proprofs. Kalau anda pakai ini, maka setelah siswa mengerjakan soal, ia akan menerima hasil/skor dalam bentuk setifikat/piagam. Jadi bisa sekaligus jadi reward untuk siswa. Pasti senang, kan anak-anak kalau dapat seperti ini? Untuk versi gratis, gambar bisa dimasukkan ke soal, namun hasil yang dapat Bapak Ibu lihat terbatas sampai 10 siswa saja.

Coba sendiri ya Bapak Ibu disini Proprofs.com

5. Quia

Tak kalah layak untuk dicoba, Quia menawarkan guru dan pendidik untuk membuat game edukasi, soal/kuis online, kelas web, dan beragam aktivitas pembelajaran online lainnya. Anda diberi akses gratis selama 30 hari, dan jika tertarik bisa melanjutkan dengan membayar biaya tahunan.

Tertarik? Silahkan ke quia.com/web

Menarik juga jika Bapak/Ibu ingin membuat soal Teka-Teki Silang/TTS untuk siswa. Caranya? Silahkan anda baca Cara Mudah Membuat TTS dengan Eclipse Crossword.

Nah demikian 5 aplikasi gratis untuk anda para guru hebat. Akan tetapi, tentu setiap aplikasi atau tools online memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun satu yang perlu anda ingat, aplikasi-aplikasi tadi grati, ya memang ada ada yang berbayar, tapi bisa juga mencoba yang versi gratisnya saja. Nah, apakah Bapak/Ibu sudah menemukan yang Bapak/Ibu inginkan?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar