Skip to main content

Guru Berbagi Kemdikbud, Tempatnya Guru Belajar di Masa Pandemik Covid-19

Seperti kita tahu, saat ini Indonesia bersama negara-negara lain di dunia sedang berjuang menghadapi penyebaran Covid-19. Banyak yang memilih untuk meliburkan sekolahnya. Termasuk di Indonesia, terhitung sejak pertengahan Maret lalu pemerintah sudah membuat kebijakan untuk “merumahkan” warga sekolah. Guru bekerja dari rumah, dan siswa belajar dari rumah.

Dengan kondisi ini, semua guru tanpa terkecuali harus beradaptasi dengan strategi pembelajaran baru. Apa itu? Ya, pembelajaran jarak jauh atau daring menjadi cara yang paling bisa dilakukan untuk saat ini. Dengan cara ini, guru dan siswa tetap bisa berinteraksi dan mengupayakan pembelajaran berkualitas meskipun terpisah oleh jarak.

Nah, agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik di masa pandemik ini, Kemdikbud telah meluncurkan sebuah layanan baru. Layanan ini memberi ruang bagi guru untuk saling berbagi satu sama lain, khususnya menyangkut kegiatan belajar dari rumah.

Tahukah anda apa layanan baru tersebut? Ya, namanya adalah GURU BERBAGI. Situs guru berbagi dapat diakses melalui alamat:.

https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/.

Apa yang menarik dari GURU BERBAGI?

Mengusung tagline “Saatnya guru berbagi, dari mana saja!”, disini kita bisa berbagi pengalaman mengajar dari rumah kepada guru lain, sekaligus juga belajar dari mereka. Tentu saja tips dan inspirasi dari guru lain ini sangat membantu, sebab tidak semua guru mudah beradaptasi dengan pola pembelajaran jarak jauh.

Misalnya guru yang berada di daerah yang sulit akses internet, atau terkendala hal teknis lain, perlu sering sharing bersama guru lain agar tetap bisa menghadirkan pembelajaran yang bermakna untuk siswa.

Apa saja fitur di GURU BERBAGI?

Sampai saat tulisan ini dibuat (03/04/2020), guru berbagi telah menyediakan 3 menu yaitu RPP, Artikel dan Aksi. Ke depan tentu kita berharap kategorinya ditambah agar semakin menarik minat banyak guru untuk bergabung.

1. Berbagi RPP : Disini kita bisa mengunduh secara gratis RPP yang sudah dibagikan guru lain. Tidak hanya RPP tematik seperti biasa, banyak juga lho rekan yang membagikan RPP tentang Covid-19, baik tentang pengenalan, pencegahan dan hal-hal lain menyangkut Covid-19.

Kalau ada yang bertanya, kok hanya RPP apa tidak ada materi/sumber belajarnya? Jangan khawatir, di dalam RPP itu banyak juga yang melengkapi dengan link yang mengarah ke suatu artikel atau video yang bisa dijadikan sumber belajar.

2. Berbagi Artikel : Menu ini berisi referensi seputar pembelajaran daring. Tulisan-tulisan di dalamnya bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita dalam merancang RPP, menghidupkan interaksi belajar dengan siswa, maupun informasi untuk mendukung materi ajar.

3. Berbagi Aksi : Di menu ini kita disuguhkan aktivitas seperti webinar (pertemuan daring) maupun ragam aktivitas daring lainnya.

Nah, itulah postingan kali ini tentang adanya layanan dari Kemdikbud yaitu Guru Berbagi. Singkat kata, disini kita akan menemukan ide-ide baru yang mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar jarak jauh.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar