Skip to main content

Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020

Hari Lahir Pancasila tahun yang jatuh pada esok Senin, 1 Juni 2020 seperti kita ketahui masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga semua kegiatan yang biasa kita lakukan dalam rangka memperingati hari besar nasional ini urung dilaksanakan.

Salah satu kegiatan yang ditiadakan dalam peringatan kali ini adalah upacara bendera, dimana kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang seharusnya ada dalam setiap peryaan hari besar. Berhubung situasi sekarang melarang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak, maka pemerintah melarang pelaksanaan upacara bendera di semua instansi.

Terkait dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 2020, Kemdikbud telah merilis edaran yang ditujukan kepada seluruh pimpinan Dinas Pendidikan di daerah serta kepala sekolah/satuan pendidikan di dalam negeri dan luar negeri.

Logo Hari Lahir Pancasila 2020

Tema:“Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”

Adapun poin penting dari surat edaran tersebut adalah:

  1. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (online);
  2. Kementerian/Lembaga, instansi pemerintah pusat maupun daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri wajib mengikuti jalannya Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 1 Juni 2020 mulai pukul 09.00 WIB melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing;
  3. Mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2020, berhubung tidak ada upacara penaikan bendera pada saat Peringatan Hari Lahir Pancasila, maka pengibaran bendera dilakukan pada pukul 06.00 s.d. 18.00 waktu setempat;
  4. Tidak mengadakan kegiatan/aktivitas Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya banyak orang pada suatu lokasi (sesuai protokol Covid-19);
  5. Aktivitas atau kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan kecintaan terhadap aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada masa darurat Covid-19.

Unduh Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 disini.

Demikian informasi singkat tentang pelaksanaan perayaan Hari Lahir Pancasila 2020 dari Kemdikbud. Mudah-mudahan bermanfaat..

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar