Cara Mendaftar Program Guru Belajar Seri PPPK

program guru belajar seri pppk, bimtek pppk, persiapan pppk

Cara Mendaftar Program Guru Belajar Seri PPPK - Saat ini, Kemendikbud melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan sedang mengadakan berbagai seri program guru belajar, diantaranya seri Masa Pandemi Covid-19, Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH), Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), dan Pendidikan Inklusif. Terbaru, diluncurkan Program Guru Belajar Seri PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Bagi anda yang akan mengikuti tes PPPK tahun ini, jangan lewatkan kesempatan mengikuti program yang diadakan langsung oleh Kemendikbud ini.

Program Guru Belajar seri PPPK merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru Non PNS dalam memahami tujuan pembelajaran mandiri calon Guru PPPK. Program ini hadir menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.

Peserta Program Guru Belajar Seri PPPK

Peserta yang bisa mengikuti program ini adalah semua guru non PNS yang telah memiliki Akun SIMPKB.

Tahapan Program

Ada 3 tahapan yang akan dilalui oleh peserta yang mendaftar program ini, yaitu tahap Orientasi, tahap Fasilitasi calon guru PPPK, dan tahap Try Out.

Tahapan Program Guru Belajar Seri PPPK
Tahap 1 Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai tantangan belajar mandiri, tujuan, manfaat, dan alur sistem belajar mandiri calon Guru PPPK, penjelasan pentingnya komunitas pembelajaran, penjelasan teknis dan penggunaan sistem bahan belajar mandiri.
Tahap 2 Pada tahap ini peserta akan disediakan bahan belajar mandiri dan latihan soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru, sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, dan ringkas), pendekatan pedagogi belajar mandiri secara daring dengan menggunakan konstruktivisme sosial melalui komunitas pembelajaran.
Tahap 3 Membiasakan calon guru PPPK mencoba soal-soal sesuai bidang studinya. Mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman substansi materi sesuai bidang studinya.

Tujuan Program

Adapun tujuan diadakannya program ini sebagai berikut:

  1. Guru mampu menggunakan bahan belajar mandiri dan latihan soal yang membekali pengetahuan dan keterampilan dalam mengikuti seleksi Guru PPPK.
  2. Guru mampu menggunakan sistem bahan belajar mandiri yang User Friendly (mudah, ringan, ringkas).
  3. Guru mampu menggunakan komunitas pembelajaran (Learning Community) dalam mengkonstruk pengetahuan dan keterampilannya.

Selain tujuan di atas, keuntungan yang diperoleh peserta program ini diantaranya adalah mendapat pengalaman belajar seru bersama sesama rekan guru dan lebih siap menghadapi seleksi guru PPPK.

Cara Mendaftar

Berikut ini cara mendaftar Program Guru Belajar Seri PPPK yang bisa admin bagikan. Pertama, masuk ke laman portal-belajar.simpkb.id/seri-pppk. Kedua, pilih “Mulai Belajar”. Selanjutnya, login SIMPKB dengan cara memasukkan surel menggunakan no.ukg@guruku.id dan isikan kata sandi yang anda miliki.

UPDATE

Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri PPPK saat ini masih dalam tahap beta, sehingga belum bisa melakukan registrasi. Informasi terbaru tentang program seri ini akan admin update di blog ini, terima kasih.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.