Skip to main content

5 Keuntungan Mengikuti Program Guru Belajar

program guru belajar, guru belajar kemdikbud, bimtek akm, pendidikan inklusif, pppk

Program Guru Belajar yang beralamat di gurubelajar.kemdikbud.go.id sangat bermanfaat bagi admin dan rekan guru semua. Disitu kita bisa belajar untuk bersiap diri menghadapi program-program dari  Kemendikbud, baik yang sudah dijalankan maupun yang akan datang.

Salah satu program yang sangat berguna bagi guru adalah Bimtek AKM (Bimtek Asesmen Kompetensi Minimum). Bagaimana tidak, agenda yang rencananya diadakan bulan September nanti, masih banyak guru yang belum mendapat akses untuk memahaminya. (Baca: Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021).

Melalui bimtek tersebut, guru mendapat materi tentang maksud dan tujuan diadakannya Asesmen Nasional, khususnya tentang AKM. Selain itu juga ada latihan menyusun soal AKM. Perlu diketahui, model soal AKM jauh berbeda dibanding soal yang sering dibuat guru, termasuk soal-soal ujian nasional. Jadi tanpa memahami karakteristik soal AKM, mustahil guru mampu menyusunnya.

Selain bimtek AKM, ada lagi yang program yang menarik yaitu Seri PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Program ini penting bagi anda guru honorer yang akan mengikuti rekrutmen PPPK. Selama ini, bimbingan atau try out PPPK lebih banyak diadakan oleh pihak swasta. Nah, kali ini anda akan akan mendapat materi persiapan langsung dari Kemdikbud dalam hal ini Ditjen GTK.

Dengan bagusnya topik yang disajikan dan minat guru yang semakin meningkat, kita berharap program seperti ini terus dilanjutkan. Selain sebagai media sosialisasi dari Kemdikbud, gurupun juga lebih cepat menerimanya karena dilaksanakan secara daring.

Keuntungan Mengikuti Program Guru Belajar

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat mengikuti Program Guru Belajar:

1. Mendapat sertifikat pola 32 JP secara gratis

Sudah bukan rahasia lagi, sertifikat merupakan barang penting bagi seorang guru khususnya PNS. Apalagi sertifikat diklat di atas 30 JP yang diakui untuk kenaikan tingkat.

Nah, jika di luar sana bimtek/diklat pola 32 JP banyak yang berbayar, di program ini anda akan mendapatkannya secara cuma-cuma alias gratis.

2. Ilmu baru, wawasan baru

Bukan cuma soal sertifikat, tujuan utama kita mengikuti bimtek/diklat/seminar tentu saja untuk mendapat ilmu dan skill dari materi yang disajikan. Menurut kami, materi pada Program Guru Belajar ini benar-benar baru, sehingga akan membuat kita lebih tertarik dan terntang untuk belajar karena isi materinya mengulang konten yang dulu pernah ada.

3. Waktu belajar lebih fleksibel

Berbeda dengan bimtek tatap muka atau bimtek online dengan tatap muka virtual, di program ini guru diberi keleluasaan untuk mengatur sendiri waktu belajarnya. Tenggat waktu yang disediakan tiap angkatan selama 4-5 hari. Selama waktu itu, guru bisa menentukan sendiri kapan waktu belajarnya asalkan bisa tuntas sebelum deadline.

Bukan hanya itu, guru yang gagal tuntas karena waktu tidak mencukupi atau skor masih kurang, masih punya kesempatan mendaftar lagi pada angkatan berikutnya.

4. Teman baru, relasi baru

Sewaktu mendaftar, guru diberikan link grup telegram yang langsung dikelola Ditjen GTK. Grup tersebut saat ini sudah mencapai 100 ribu lebih anggota. Dengan adanya grup tersebut, masing-masing guru bisa sharing, tukar menukar informasi, dan saling membantu rekan guru lain yang mengalami kesulitan khusunya dalam teknis pengerjaan.

5. Ada pengimbasan

Pada program guru belajar seri Bimtek AKM, bagi yang sudah tuntas mengikuti bimtek dapat melanjutkan dengan pengimbasan dengan cara membimbing rekan guru lain yang sedang mengikuti bimtek tersebut dan memvideokannya. Disediakan pula piagam penghargaan bagi guru yang berhasil mengikutinya.

Istilah “pengimbasan’ saat ini masih sangat baru, tapi sepertinya istilah ini akan sering kita dengar dan gunakan. Jadi, ada baiknya kita membiasakannya. Pengimbasan merupakan salah satu cara Kemdikbud untuk mempercepat program-programnya bisa sampai ke semua guru di Indonesia, seperti halnya pengimbasan guru penggerak dan sekolah penggerak.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh saat mengikuti Program Guru Belajar dari Kemdikbud. Semoga bermanfaat..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar