Skip to main content

Registrasi Guru Penggerak

Sejak diadakan pertama kali pada Juni 2020, program guru penggerak dari Kemendikbudristek semakin banyak peminat. Ini karena banyaknya fasilitas dan keuntungan yang akan diperoleh peserta jika berhasil menyelesaikan studi dan berstatus sebagai guru penggerak.

Program Guru Penggerak adalah program dari Kemendikbudristek untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pendidikan Indonesia dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik.

Guru yang ingin berstatus sebagai guru penggerak harus melalui 3 tahapan, yaitu:

  • Seleksi Calon Guru Penggerak
  • Program Pendidikan Guru Penggerak berupa pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan
  • Menjadi guru penggerak

Dari ketiga tahapan tersebut, langkah pertama yang harus anda lakukan tentunya adalah mendaftar/registrasi. Registrasi dilakukan secara mandiri oleh guru melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

Bagi anda yang tertarik untuk menjadi guru penggerak, berikut langkah-langkah registrasinya:

1. Masuk ke laman https://app-gurupenggerak.simpkb.id/. Masukkan akun SIMPKB dan kata sandi anda. Kemudian klik tombol Masuk.

daftar guru penggerak

2. Setelah berhasil masuk, maka anda akan langsung diarahkan pada menu Beranda. Pada menu Beranda ini, silakan cermati beberapa informasi yang tertera.

tahap registrasi

Pada menu beranda di atas, tertera tahapan seleksi yang harus anda lalui. Dimulai dari Curriculum Vitae, Esai, dan Tes bakat Skolastik. Tahapan ini tidak dapat dilompati dan harus urut dimulai dari tahapan pengisian curriculum vitae dan seterusnya.

Pengisian Curriculum Vitae

Proses pendaftaran dimulai dengan tahap pengisian Curriculum Vitae. Sebagai informasi bahwa proses pengisian curriculum vitae ini anda memiliki waktu selama 24 jam dihitung setelah mengklik tombol mulai kerjakan.

Sebelum melakukan proses pengisian curriculum vitae, silakan mengunduh template surat dukungan/rekomendasi dengan klik tomboh Unduh Berkas.

berkas registrasi

Jika berhasil unduh, maka anda akan mendapatkan 2 dokumen (surat dukungan dari kepala sekolah dan surat rekomendasi dari kolega). Dokumen tersebut yang wajib diisi dan disiapkan untuk persiapan melanjutkan proses pengisian curriculum vitae.

Setelah mengunduh berkas, silakan mengisikan curriculum vitae.

curriculum vitae

Cermati informasi dan instruksi yang muncul terlebih dahulu. Jika sudah siap, silakan klik tombol Mulai Pengerjaan dan jika belum siap, silakan klik tombol silang.

Jika anda belum siap dan klik tombol silang, maka akan kembali pada halaman beranda. Jika anda sudah siap dan klik tombol Mulai Pengerjaan, maka akan diarahkan pada proses pengisian Curriculum Vitae. Anda akan mendapatkan informasi waktu pengerjaan yang tersisa dan persyaratan yang harus dipenuhi.

mengisi curriculum vitae

Adapun persyaratan kelengkapan data dalam proses pengisian curriculum vitae di antaranya sebagai berikut:

  1. Lengkapi informasi umum
  2. Lengkapi data pengalaman mengikuti pelatihan
  3. Lengkapi pengalaman berorganisasi
  4. Lengkapi pengalaman menjadi sukarelawan
  5. Lengkapi pengalaman mengembangkan orang lain
  6. Lengkapi dokumen penting

Untuk pengisian masing-masing CV di atas, silakan mengikuti instruksi yang muncul.

Jika semua CV sudah anda isi, selanjutnya klik “Kirim CV”.

kirim curriculum vitae

Jika berhasil, maka akan muncul informasi bahwa curriculum vitae anda telah terkirim.

Pengisian Essai

Langkah kedua registrasi guru penggerak adalah mengisi essai. Seperti pengisian curriculum vitae, pada tahap ini anda harus mencermati instruksi yang ketentuan yang muncul di layar.

1. Pada menu beranda, klik tombol “Essai”.

tahap mengisi esai

2. Perhatikan informasi yang muncul. Jika sudah, centang pernyataan yang ada pada 2 kotak kecil yang tersedia.

pengerjaan esai

Saat anda mencentang 2 pernyataan, maka tombol Mulai Pengerjaan akan muncul. Klik Mulai Pengerjaan jika anda telah siap, dan klik Batal jika belum siap.

Jika sudah mengklik “Mulai Mengerjakan”, anda diberikan waktu 2 jam 30 menit. Silakan mengikuti instruksi yang muncul untuk menjawab pertanyaan esai pada tahapan ini.

Pengisian Survei setelah Input Essai

Setelah berhasil menyelesaikan tugas essai, proses selanjutnya yaitu mengisi survei. Adapun tata cara pengisiannya sebagaimana berikut:

1. Muncul pop-up untuk mengisi survei. Jika anda ingin segera mengisi, maka bisa dengan klik tombol Isi Survei Sekarang. Jika tidak saat itu juga ingin mengisinya, bisa dengan klik tombol silang.

isi survei

2. Begitu klik isi survei sekarang. Maka anda dihadapkan pada beberapa kusioner yang harus diisi. Ada beberapa halaman untuk mengisi survei tersebut. Klik tombol berikutnya untuk pindah dari halaman yang lain. Isikan hingga selesai

Tes Bakat Skolastik

Setelah menyelesaikan tahap Curriculum Vitae serta tahap pengisian essai, termasuk juga sudah lolos verval oleh Admin Pusat, maka proses selanjutnya yaitu Tes Bakat Skolastik.

Tes Bakat Skolastik terdiri dari 3 Subtes (Subtes Verbal, Subtes Kuantitatif dan Subtes Penalaran) dengan maksimal pengerjaan 85 menit.

1. Pada tombol Tes Bakat Skolastik, klik “Mulai Kerjakan”.

tes bakat skolastik

2. Cermati informasi yang muncul, lalu centang pada bagian telah membaca dan siap mengerjakan Tes Bakat Skolastik. Klik Mulai Pengerjaan jika anda telah siap, dan klik Batal jika belum siap.

mengerjakan tes

3. Anda diarahkan pada laman Tes Bakat Skolastik, klik pada tombol Masuk untuk menuju ke soal Test Bakat Skolastik.

4. Ikuti instruksi yang muncul dan selesaikan semua tes yang harus dikerjakan.

Simulasi Mengajar dan Wawancara

Simulasi mengajar dan wawancara merupakan seleksi tahap 2 dalam program pendidikan guru penggerak. Bagi calon peserta yang dinyatakan lolos tahap satu akan dimunculkan kotak dialog pada login SIM PKB masing-masing berupa informasi jadwal pelaksanaan Simulasi Mengajar dan Wawancara.

Simulasi mengajar dilaksanakan secara daring selama kurang lebih 30 menit dengan maksimal praktik mengajar selama 8 menit. Siapkan komputer atau laptop, jaringan internet yang stabil, dan rencana simulasi mengajar anda sebaik mungkin.

Setiap peserta program guru penggerak yang sudah lulus pada tahap sebelumnya dapat melakukan aktivitas berupa mengunggah karya-karya artikel terbaik layanan program Ayo Guru Berbagi. Selain artikel, peserta juga dapat mengunggah RPP yang sudah disusun dengan baik.

Demikian panduan bagi anda yang ingin mengikuti program guru penggerak. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar