Skip to main content

Jadwal UKin dan UP Retaker Tahun 2021

UP dan UKIN Retaker

Sampai saat ini, UKMPPG yang terdiri dari uji pengetahuan (UP) dan uji kinerja (UKin) masih menjadi penentu utama kelulusan PPG. Semua peserta PPG tentu berharap bisa lulus dalam UKMPPG yang pertama kali diikuti (first taker), mengingat besarnya perjuangan yang dihabiskan selama berbulan-bulan melalui tahap demi tahap.

Namun saat harapan itu tinggi, ternyata hasilnya tidak sesuai. Beberapa peserta dinyatakan tidak lulus salah satu dari uji pengetahuan (UP) atau uji kinerja (UKin) atau bahkan kedua-duanya.

Mendapat hasil seperti itu, rasa kecewa pasti ada. Terlebih melihat teman-teman seangkatan yang dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat pendidik. Namun yang perlu digarisbawahi, gagal di UKMPPG pertama itu bukan berarti kesempatan sudah tertutup. Masih ada kesempatan mengikuti UKin dan UP Retaker.

Lalu, kapan dibuka pendaftaran UKin dan UP Retaker tahun 2021 ini? Informasi ini tentu ditunggu oleh peserta/mahasiswa yang tidak lulus PPG sebelumnya.

UPDATE

Jadwal resmi UP dan UKIN Retaker saat ini telah dirilis. UKMPPG Periode 4 2021 dikhususkan bagi Retaker UP UKMPPG yang belum lulus di PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan di lingkungan Kemendikbudristek yang belum lulus dalam masa studi 3 tahun.

Pendaftaran UP dibuka mulai tanggal 29 September - 6 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB melalui Menu Pendaftaran di laman ukm.ppg.kemdikbud.go.id. UP sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 Oktober 2021 secara daring Berbasis Domisili. Adapun biaya mandiri yang harus dikeluarkan peserta adalah sebesar Rp 300.000,-.

Sedangkan untuk retaker UKIN (uji kinerja), pendaftarannya dilakukan melalui perguruan tinggi penyelenggara PPG pada tanggal 1 - 12 Oktober 2021. Biaya UKIN retaker sebesar Rp 600.000,- dibebankan kepada peserta melalui perguruan tinggi penyelenggara.

Berikut informasi jadwal retaker UP dan UKIN 2021:

  1. Pendaftaran Retaker UP (laman UKMPPG) : 29 September s.d. 6 Oktober
  2. Cetak Kartu Retaker UP (laman UKMPPG) : 9 s.d. 15 Oktober
  3. Instalasi Mandiri (laman UKMPPG) : 1 s.d. 13 Oktober
  4. Uji Coba (secara daring dengan Pengawas) : 14 Oktober
  5. Pelaksanaan UP (daring) : 16 s.d. 17 Oktober
  6. Pendaftaran UKIN (daring di LPTK) : 1 s.d. 12 Oktober
  7. Pelaksanaan UKIN (daring) : 18 s.d. 22 Oktober

Unduh Surat Edaran Pelaksanaan UKMPPG 2021 Retaker.pdf

Dengan adanya kepastian jadwal di atas, maka bagi anda yang mengikuti retaker perlu segera menyiapkan banyak hal demi kelancaran UP nanti, mulai dari aspek teknis perangkat ujian daring hingga mempelajari kembali materi yang akan diujikan dalam UP.

Demikian paparan tentang jadwal pendaftaran UKMPPG Retaker tahun 2021. Informasi terkait PPG Dalam Jabatan akan admin update di blog ini, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar