Skip to main content

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1 Tahun 2021-2022

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1 Tahun 2021-2022 - Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang dipelajari di jenjang SD. Hampir semua daerah di Jatim dan Jateng menerapkan mapel ini sebagai mulok wajib.

Sering berlatih mengerjakaan soal-soal Bahasa Jawa merupakan cara yang efektif agar siswa semakin cepat memahami materi. Sebab meskipun bahasa ini merupakan bahasa ibu, nyatanya banyak kata yang asing bagi siswa karena tidak terbiasa digunakan dalam keseharian.

Lebih jauh mempelajari bahasa jawa juga merupakan upaya melestarikan budaya luhur bangsa. Mereka yang menguasai bahasa jawa umumnya memiliki tata karma yang santun karena pilihan kata dalam bahasa ini memiliki tingkatan-tingkatan.

Adapun soal yang saya bagikan kali ini adalah soal penilaian tengah semester (PTS) ganjil Bahasa Jawa untuk kelas 4. Apalagi saat ini kita sudah memasuki bulan September, dimana pelaksanaan PTS sudah semakin dekat.

Materi pokok paling penting dalam mapel Bahasa Jawa kelas 4 adalah geguritan. Geguritan (puisi) adalah karya sastra paling inti dimana segala unsur seni ada di dalamnya. Untuk memahaminya diperlukan pengetahuan tentang struktur pembangun geguritan dan pilihan kata yang digunakan penulisnya.

soal pts bahasa jawa

Baiklah, berikut ini Soal PTS Bahasa Jawa yang bisa dibagikan kepada siswa kelas 4 semester ganjil. Bagi bapak/ibu yang berminat bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1.pdf

Bentuk soal pada file di atas adalah yang paling umum dipakai yaitu pilihan ganda, isian singkat, dan uraian/essay. Untuk pilihan ganda berjumlah 15 soal, isian 10 soal dan uraian 5 soal sehingga jumlahnya ada 30 butir soal.

Demikian yang bisa admin bagikan kali ini khususnya untuk bapak dan ibu wali kelas 4. Mudah-mudahan bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar