Tema dan Logo Hari Olahraga Nasional ke-40 Tahun 2023

Hari Olahraga Nasional atau Haornas diperingati tiap tanggal 9 September. Tema Haornas 2023 adalah Gelanggang Semangat Pemenang.
hari olahraga nasional

Tanggal 9 September kita memperingati salah satu hari besar nasional yaitu Hari Olahraga Nasional atau biasa disingkat Haornas. Peringatan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Adapun pemilihan tanggal 9 September mengacu pada penyelenggaran PON I yang dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 12 September di Stadion Sriwedari, Surakarta.

Perayaan Haornas sendiri sebenarnya mengandung semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup.

Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan Gerakan Berolahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

Logo Haornas 2023

logo haornas 2023
logo haornas 2
Logo Haornas vertical 561kb
Logo Haornas horizontal 194kb

Filosofi Logo:

Filosofi logo adalah tentang selebrasi keberagaman dunia olah raga Indonesia yang bertujuan untuk menggapai prestasi tertinggi.

Arti Warna:

  • Warna merah menggambarkan semangat, energi, emosi dan totalitas yang membawa para atlet untuk jadi juara
  • Warna biru merupakan warna yang menunjukkan kesan psikologis seperti loyalitas, kepercayaan, kekuatan dan profesionalisme, segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang atlit yang berprestasi.
  • Warna hijau melambangkan kekayaan semangat yang dimiliki oleh para atlet. Warna hijau juga melambangkan olahraga sebagai jalan untuk dekat dengan alam
  • Warna kuning melambangkan terang, semangat dan merupakan warna yang membawa kesan psikologi bahagia, kehangatan dan optimis. Penggunaan warna kuning juga mewakili selebrasi kemajuan olahraga Indonesia.

Tema/Slogan Haornas 2023

tema haornas 2023

Arti Slogan:

Gelanggang Semangat Pemenang mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat dalam meraih kemenangan. Bagi para pemenang sejati, gelanggang bukan hanya tempat pertandingan fisik, tetapi juga tempat tumbuhnya nilai-nilai sportivitas, ketekunan, dan kedisiplinan.

Gelanggang Semangat Pemenang mengajak para atlet dan penggemar olahraga untuk selalu berupaya mencapai prestasi terbaik dengan menjunjung tinggi integritas dan semangat.

Itulah tadi tema dan logo Hari Olahraga Nasional ke-40 Tahun 2023. Semoga peringatan ini menjadi momentum pentingnya olahraga menjadi gaya hidup bangsa Indonesia dalam rangka mencapai prestasi nasional maupun internasional. Serta menjadi ajang pemberian penghargaan kepada pelaku olahraga, pelatih dan tenaga keolahragaan lainnya yang telah mengharumkan nama bangsa melalui prestasi yang diraihnya.

Source : https://www.kemenpora.go.id/pengumuman/56/materi-publikasi-haornas-2023

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.