Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 1 Tahun 2021-2022

Memasuki bulan September seperti ini, biasanya di kelas 5 sudah merampungkan materi tentang pecahan. Untuk itu, anak-anak perlu mendrill soal-soal latihan untuk mematangkan materi yang telah dipelajari sekaligus persiapan menghadapi Penilaian Tengah Semester/PTS.

Seperti diketahui, materi pokok untuk kelas 5 pada tengah semester 1 adalah pecahan, meliputi penjumlahan dan pengurangan 2 pecahan dengan penyebut yang berbeda, serta perkalian dan pembagian pecahan dan desimal.

Pada pembelajaran materi pecahan, biasanya guru menanamkan konsep terlebih dahulu tentang apa itu pecahan. Karena saat ini anak-anak lebih banyak belajar di rumah, penanaman konsep tersebut biasanya dipadukan dengan konteks kehidupan sehari-hari, seperti membagi beberapa sebuah benda sederhana di rumah menjadi beberapa bagian, atau bentuk pembelajaran kreatif lainnya.

Pembelajaran berbasis masalah sangat tepat untuk materi ini, sehingga siswa meyakini apa yang dipelajarinya dekat dengan kehidupannya sehingga sangat penting untuk dikuasai.

Baru jika siswa sudah memahami konsep pecahan, guru bisa melangkah lebih jauh dengan memberikan permasalahan yang bersifat abstrak dalam bentuk soal/tes tulis.

Soal PTS matematika kelas 5

Soal yang akan saya bagikan kali ini diperuntukkan bagi Bapak/Ibu guru kelas 5 yang akan mempersiapkan murid-muridnya menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) ganjil tahun ajaran 2022-2023.

Bagi Bapak/Ibu yang berminat bisa mengunduhnya melalui link berikut ini:
Soal PTS Matematika Kelas 5 Semester 1.pdf

Adapun pokok bahasan yang diujikan dalam file soal di atas meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada pecahan biasa berpenyebut berbeda, campuran, dan pecahan desimal baik berupa operasi hitung langsung maupun dalam bentuk soal cerita.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini terutama untuk rekan-rekan guru yang saat ini mengampu kelas 5. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.