Soal PAS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1 Tahun 2023-2024

Soal UAS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1 - Bahasa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal (mulok) wajib yang diterapakan di sebagian besar SD di Jawa khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Mapel bahasa Jawa diajarkan di kelas I sampai VI, mengacu pada kurikulum yang ditetapkan Dinas Provinsi atau Kabupaten/Kota masing-masing. Tujuan memasukkan bahasa Jawa sebagai salah satu mapel SD agar siswa lebih menghargai dan melestarikan bahasa daerah satu ini.

Penggunaan bahasa jawa yang tepat juga akan meningkatkan sopan santun dan tata krama siswa. Sebab salah satu keunikan dari bahasa jawa adalah memiliki pilihan kata yang berbeda-beda sesuai dengan lawan bicara. Apabila anak berbicara dengan orang tua, maka ia menggunakan krama inggil yang berarti wujud penghormatan si anak.

Untuk itu, sebagai bahan persiapan Penilaian Akhir Semester, berikut ini saya susun dan bagikan soal PAS/UAS ganjil Bahasa Jawa untuk kelas 4. Semoga bisa membantu anda khususnya wali kelas IV yang ingin menyiapkan anak didik di kelas dalam menghadapi PAS.

Materi pokok dalam mulok Bahasa Jawa kelas 4 semester 1 diantaranya geguritan, cerita wayang, tradisi dan aksara jawa.

soal pas bahasa jawa

Baiklah, berikut ini Soal PAS Bahasa Jawa yang bisa anda bagikan kepada siswa kelas IV. Bagi bapak/ibu yang berminat silakan mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

Soal PAS Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 1.pdf

Naskah soal di atas terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 20 soal isian singkat, dan 5 soal uraian/essay. Sehingga keseluruhan berjumlah 40 butir soal.

Itu saja yang dapat admin bagikan kali ini berkaitan dengan soal latihan PAS Kelas 4. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bapak dan ibu sekalian.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.