Skip to main content

Cara Cek Keaslian Surat Resmi/Palsu dari Kemendikbud

cara cek keaslian surat

Saat ini dengan semakin mudahnya membagikan informasi dari satu orang ke orang lain, mengharuskan kita selalu waspada terhadap setiap informasi yang masuk. Apalagi jika informasi itu berkaitan dengan hal penting dan sensitif, seperti jenjang karir (ASN/PPPK), tunjangan, program pemerintah dan lain-lain.

Hal penting dan sensitif itulah yang terkadang dijadikan obyek oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan penipuan. Seperti dengan membuat surat palsu yang mengatasnamakan lembaga pemerintah agar pembacanya percaya. Bahkan lembaga setingkat kementerian seperti Kemendikbudristek pernah dijadikan dalih untuk melakukan penipuan.

Menyikapi hal itu, perlu ada cara untuk bisa memastikan bahwa informasi yang kita dapatkan itu benar. Tujuannya agar kita tidak terperdaya informasi yang sebenarnya palsu/hoax. Lebih penting lagi, kita tidak sampai memforward/share ke orang lain informasi yang tidak valid.

Nah, berikut ini ada 2 cara untuk mengecek keaslian surat dari Kemendikbudristek:

1. Melalui laman persuratan.kemdikbud.go.id

Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) Kemendikbudristek saat ini telah dilengkapi layanan cek surat. Disini yang perlu kita siapkan adalah nomor surat yang ingin kita cek.

Berikut ini langkahnya:

  1. Silakan masuk ke web persuratan.kemdikbud.go.id, lalu pilih fitur Cek Surat.
  2. Masukkan nomor surat yang ingin kita cek dan kode pengaman. Lalu pilih Cek Surat Keluar.
  3. Jika muncul keterangan pokok surat (tanggal, penandatangan, perihal, unit kerja), maka nomor surat tersebut asli dikeluarkan oleh Kemendikbud. Selanjutnya kita bisa teliti isi pokok surat tersebut degan dokumen yang kita terima apakah sesuai atau belum.
surat asli

Namun jika nomor yang kita masukkan “Tidak ada surat keluar dengan nomor ini” maka dipastikan surat tersebut adalah palsu.

Berikut contoh surat palsu:

surat palsu

2. Melalui laman jdih.kemdikbud.go.id

JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) Kemedikbudristek yang beralamat di https://jdih.kemdikbud.go.id/ merupakan tempat disimpannya seluruh naskah dinas resmi yang dikeluarkan Kemendikbud dan bisa diakses publik. Mulai dari undang-undang, peraturan, keputusan, surat edaran, dan peraturan lainnya.

Untuk memudahkan pencarian, kita bisa memanfaatkan menu filter, lalu kita masukkan kata kunci spesifik yang ingin kita cari, seperti judul, nomor surat atau jenis surat.

Nah, 2 cara di atas bisa kita lakukan untuk menghindarkan kita dari penipuan akibat adanya surat palsu/hoaks. Tentu saja, dengan semakin canggihnya teknologi akan semakin canggih pula modus penipuan yang dilakukan, sehingga benar-benar membutuhkan kewaspadaan dari kita.

Admin juga berharap semua instansi pemerintah mulai dari tingkat kementerian hingga pemda/pemkab semuanya memiliki laman untuk mengecek keaslian surat seperti milik Kemendikbud di atas. Harapannya agar kasus penipuan berkurang dan tidak ada lagi korban penipuan yang menggunakan surat palsu seperti di atas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar