Skip to main content

Teks Keputusan Kongres Pemuda 1928

Menjelang datangnya hari sumpah pemuda, beberapa hal perlu siapkan. Salah satunya adalah teks keputusan kongres pemuda 1928.

Selain sebagai kelengkapan upacara bendera, membaca teks ini menyadarkan kita tentang kegigihan para pemuda kala itu dalam mewujudkan persatuan. Mungkin sebelumnya kita hanya hafal 3 poin sumpah pemuda, namun kini bisa mengetahui keseluruhan isi teks keputusan tersebut.

Berikut ini bunyi Teks Keputusan Kongres Pemuda 1928.

- - - -

POETOESAN CONGRES PEMOEDA-PEMOEDA INDONESIA

Kerapatan pemoeda-pemoeda Indonesia diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan, dengan namanja Jong Java, Jong Soematra (Pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia Sekar Roekoen, Jong Islamieten, Jong Bataksbond, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia. Memboeka rapatpada tanggal 27 dan 28 Oktober tahoen 1928 dinegeri Djakarta; Sesoedahnja mendengar pidato-pidato pembitjaraan jang diadakan didalam kerapatan tadi; Sesoedahnja menimbang segala isi-isi pidato-pidato dan pembitjaraan ini;kerapatan laloe mengambil kepoetoesan:

PERTAMA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.
KEDOEA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.
KETIGA: KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA INDONESIA.

Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan kebangsaan Indonesia; Mengeloearkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatoeannja: Kemaoean Sedjarah Bahasa Hoekoem Adat Pendidikan dan Kepandoean; dan mengeloearkan pengharapan soepaja poetoesan ini disiarkan dalam segala soerat kabar dan dibatjakan dimoeka rapat perkoempoelan-perkoempoelan kita.

- - - -

Untuk teks format PDF nya bisa dilihat di bawah ini.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini tentang naskah asli teks keputusan kongres pemuda 1928. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar