Unduh Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

Kalender Pendidikan 2023/2024 - Menjelang tahun ajaran baru, penting kita siapkan beberapa dokumen yang nantinya bisa melengkapi administrasi pembelajaran kita. Dokumen tersebut bukan hanya sekadar pelengkap administrasi saja, melainkan bermanfaat untuk kita dalam menjalankan tugas mengajar di kelas.

Salah satu dokumen yang penting disiapkan sejak awal adalah Kalender Pendidikan. Kalender pendidik (kaldik) menjadi acuan dalam menyusun administrasi pembelajaran, seperti menghitung jumlah hari efektif, pekan efektif, program tahunan, program semester dan lain-lainnya.

Kalender pendidikan juga kita manfaatkan dalam penyusunan rencana kegiatan sekolah, seperti peringatan hari besar nasional maupun hari besar keagamaan. Pun halnya dengan kegiatan rutin wajib seperti asesmen sumatif, asesmen nasional juga harus memperhatikan kalender pendidikan.

Adapun bentuk atau format kaldik yang umum kita temui selama ini ada 2, yaitu kalender satu tahun ajaran yang dijadikan satu dan kalender per bulan. Untuk menyusun rencana program satu tahun ke depan biasanya menggunakan format pertama, sedangkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari biasanya lebih mudah menggunakan format kedua.

Mengingat pentingnya kalender pendidikan bagi kita para guru, maka pada kesempatan ini saya ingin membagikan kalender pendidikan berformat PDF dan Excel yang sudah saya susun berdasarkan SK resmi dari pemerintah. Untuk saat ini, kaldik yang sudah dirilis berasal dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag sehingga lebih ditujukan bagi sekolah/madrasah di bawah naungan Kemenag.

Adapun untuk kalender pendidikan bagi sekolah negeri/swasta di bawah naungan Kemendikbudristek akan saya bagikan pula apabila sudah ada edaran resminya.

kalender pendidikan 2023 2024

Baiklah, Bapak/Ibu yang berminat mengunduh Kalender Pendidikan Madrasah tahun pelajaran 2023/2024 bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024 (PDF)

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2023/2024 (Excel)

Dengan adanya file di atas, mudah-mudahan bisa meringankan bapak/ibu guru dalam menyusun kalender Pendidikan karena mudah untuk diedit dan disesuaikan sesuai kebutuhan seperti menambah identitas pribadi, kepala sekolah, atau tambahan lainnya.

Source: SK Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor Nomor 2762 Tahun 2023 tentang Kalender Pendidikan Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.