4 Kategori Sasaran Peserta PPG Daljab 2023

4 kategori guru yang menjadi sasaran peserta PPG Daljab 2023 yaitu kategori 1, kategori 2, lulusan PGP, dan guru yang belum lulus UTN PLPG.
peserta ppg daljab 2023

Salah satu program PPG yang saat ini berlangsung yaitu Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Sesuai yang tertulis di Permendikbudristek Nomor 54 Tahun 2022, program PPG Daljab adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi guru dalam jabatan untuk mendapatkan sertifikat pendidik.

Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan pengakuan kepada guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan dalam pemenuhan kompetensi pedagogik, kepribadian sosial dan profesional sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Berbeda dengan PPG Prajabatan, program PPG Daljab dibuat sedemikian rupa agar guru tidak meninggalkan murid terlalu lama sehingga disusun pola-pola agar pelaksanaannya lebih singkat.

Ada 4 kategori guru yang menjadi sasaran peserta PPG Daljab 2023 yaitu:

1. PPG Dalam Jabatan Kategori 1

PPG Dalam Jabatan Kategori 1 diperuntukkan bagu guru-guru yang diangkat (TMT) sampai Desember tahun 2015. Pelaksanaannya sekitar 2 bulan dengan beban kurikulum sebanyak 12 SKS dengan rincian sebagai berikut:

  • Analisis Materi Pembelajaran sebanyak 5 sks
  • Desain Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 3 sks
  • Praktik Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 4 sks

2. PPG Dalam Jabatan Kategori 2

PPG dalam jabatan kategori 2 yaitu untuk guru-guru yang diangkat TMT mulai 1 Januari 2016 sampai dengan 1 Januari 2020. Untuk kategori 2 ini memiliki beban kurikulum sebanyak 18 SKS dengan rincian sebagai berikut:

  • Analisis Materi Pembelajaran sebanyak 6 sks
  • Desain Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 5 sks
  • Praktik Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 7 sks

3. PPG Dalam Jabatan Lulusan PGP

PPG ini diperuntukkan bagi guru-guru yang sudah lulus dan memiliki sertifikat Pendidikan Guru Penggerak. Mata kuliah pada PPG ini dikonversi pada materi PGP. (Baca selengkapnya: Juknis PPG bagi Lulusan Pendidikan Guru Penggerak).

Bagi yang sedang dalam masa pendidikan PGP tetap mengikuti seleksi administrasi, yang mana administrasinya sama baik yang ikut PGP maupun yang bukan. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi, maka nantinya plotting PPG menunggu lulus PGP sehingga tidak mungkin bentrok diantaranya keduanya (PPG dan PGP).

4. PPG Dalam Jabatan bagi Guru yang Belum Lulus UTN PLPG

PPG ini diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang belum lulus Uji Tulis Nasional atau Uji Kompetensi pada akhir Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Bagi Bapak/Ibu yang terdata dan terpanggil pada laman SIM PKB nya bisa mengikuti PPG ini.

Untuk pemenuhan nilai mata kuliah PPG jenis ini meliputi:

  • Analisis Materi Pembelajaran dengan nilai Skor Ujian Tulis (UTN)
  • Desain Pembelajaran Inovatif dengan nilai Skor Workshop (SW)
  • Praktik Pembelajaran Inovatif dengan nilai Skor Uji Kinerja (SUK)

Demikianlah paparan mengenai kategori guru yang menjadi sasaran peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 ini. Semoga bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.