Pedoman Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2024 mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045, dengan logo "Sandya Taru".
harlah pancasila 2024

Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari besar nasional sekaligus hari libur nasional mulai tahun 2017. Penentuan tanggal 1 Juni didasarkan pada naskah otentik sidang "Badan Oentoek Menyelidiki Oesaha-oesaha Persiapan Kemerdekaan" yang mencatat bahwa pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno pertama kali mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Pidato tersebut kemudian dijadikan bahan dasar oleh Panitia Kecil yang diketuai oleh Ir. Soekarno, menghasilkan Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945. Hasil kerja panitia kecil ini dibahas dalam sidang PPKI dan ditetapkan dalam pembukaan UUD 1945 pada 18 Agustus 1945.

Dengan latar belakang sejarah tersebut, sangatlah pantas Hari Lahir Pancasila dirayakan setiap tahun. Pancasila telah terbukti mempersatukan bangsa dan menjadi motivasi untuk berbagi, sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa untuk menikmati kehidupan yang sejahtera.

Dengan merayakan Hari Lahir Pancasila, kita berkomitmen untuk menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Komitmen ini menjadi panduan bagi bangsa untuk bersama-sama meraih cita-cita Indonesia Emas 2045.

Tema

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 adalah:

“Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Indonesia akan mengalami usia emas pada tahun 2045. Pada saat itu, Indonesia genap berusia 100 tahun alias satu abad. Di masa itu, ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan telah sejajar dengan negara adidaya.

Demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, dan memiliki karakter kuat untuk menyongsong masa depan bangsa Indonesia, Pancasila lahir menjadi kekuatan Bangsa Indonesia, panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Logo

logo harlah pancasila 2024
logo harlah pancasila
Logo 1.png 229kb
Logo 2.png 83kb

Filosofi Logo:

“SANDYA TARU” : Pohon Persatuan.

Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan.

Sandya Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga “Persatuan Indonesia” dengan simbol Pohon Beringin. Layaknya pohon yang bermakna sumber kehidupan, Pancasila lahir menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Ia menancap dalam lubuk sanubari sebagai pemersatu bangsa yang bhinneka, kuat, dan abadi.

Pancasila telah menjaga jiwa-jiwa setiap insan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia membentuk karakter budi pekerti luhur dari generasi ke generasi.

Susunan Upacara Harlah Pancasila 2024 di Sekolah

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sekolah dalam mempeingati Harlah Pancasila adalah upacara bendera.

Upacara dilakukan secara luring di lingkungan masing-masing, yang paling lambat dilaksanakan pada:

Pukul 07.00 WIB untuk instansi pemerintah/kementerian/ lembaga dan satuan pendidikan formal yang berada di wilayah Indonesia bagian barat;

Pukul 07.00 WITA untuk instansi pemerintah/kementerian/ lembaga dan satuan pendidikan formal yang berada di wilayah Indonesia bagian tengah; dan

Pukul 07.00 WIT untuk instansi pemerintah/kementerian/ lembaga dan satuan pendidikan formal yang berada di wilayah Indonesia bagian timur,

dengan menggunakan pakaian yang ditetapkan oleh pimpinan satuan pendidikan masing-masing.

Adapun susunan upacara Harlah Pancasila 2024 sebagai berikut:

  1. Persiapan Upacara
  2. Pasukan Upacara memasuki tempat upacara
  3. Komandan Upacara memasuki tempat upacara
  4. Laporan
  5. Inspektur Upacara memasuki tempat upacara
  6. Penghormatan kepada Inspektur Upacara
  7. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  8. Pengibaran Sang Merah Putih
  9. Mengheningkan Cipta
  10. Pembacaan teks Pancasila
  11. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  12. Amanat Inspektur Upacara
  13. Pembacaan doa
  14. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
  15. Penghormatan kepada Inspektur Upacara
  16. Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara
  17. Laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara
  18. Upacara selesai

Upacara selesai sebelum waktu pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di tingkat pusat.

Demikian informasi tentang pedoman peringatan Harlah Pancasila yang jatuh pada 1 Juni besok. Marilah kita bersama bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Sumber: harlahpancasila.bpip.go.id

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.