Contoh SK Tim Pembina OSN SD

Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah tentang Pembentukan Tim Pembina OSN untuk SD Tahun 2024.

Penetapan tim pembina atau pembimbing OSN dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah menjadi hal yang penting mengingat pelaksanaan OSN saat ini berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dengan adanya SK tersebut, pihak yang ditunjuk bisa saling berkoordinasi demi kelancaran penyelenggaraan OSN di sekolah.

Seperti diketahui, sesuai Pedoman OSN Tahun 2024, pelaksanaan OSN khususnya untuk jenjang SD dilaksanakan berbasis komputer dengan moda online atau semi online, seperti halnya ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

Sehingga pelaksanaan OSN membutuhkan lebih banyak pihak yang terlibat, seperti proktor dan teknisi, selain tentunya pembina atau pendamping yang merupakan pihak paling penting dalam mempersiapkan dan melatih siswa dalam mencapai prestasi maksimal.

Pembina atau pendamping sebaiknya tidak dilibatkan dalam hal teknis di luar pembinaan, agar bisa benar-benar fokus pada pembimbingan siswa. Hal teknis yang dimaksud seperti pendaftaran siswa di laman UBK Kemdikbud atau penyiapan sarana dan perlengkapan pendukung. Adanya koordinasi yang baik hanya akan terjadi jika ada pembagian tugas yang jelas dari kepala sekolah yang dituangkan melalui Surat Keputusan (SK).

Adapun jumlah peserta OSN dari tiap sekolah maksimal 5 siswa, sedangkan untuk pembina atau pembimbing tidak ada ketentuan. Tentu ini kebijakan masing-masing sekolah dengan menyesuaikan pada banyaknya tenaga guru serta kompetensi yang dimiliki.

Nah, untuk memudahkan Bapak/Ibu dalam menyusun SK Tim Pembina OSN di sekolah, berikut ini saya akan membagikan contoh dalam format Ms. Word. Bagi Bapak/Ibu yang berminat bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

sk pembina osn
SK Tim Pembina OSN SD.docx 66kb

Setelah penetapan dari kepala sekolah, tentunya pihak yang ditunjuk bisa segera berkoordinasi dalam menyukseskan kegiatan ini. Selain itu, tentunya harapan besar agar siswa-siswi yang terpilih mewakili sekolah bisa mencapai prestasi yang bagus di OSN tahun ini.

Demikian contoh SK Pembina/Pembimbing OSN SD yang bisa saya bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.