Tema dan Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023

hari kebangkitan nasional

Tentu kita semua sudah tahu bahwa tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal yang dipilih berdasarkan tanggal lahir Budi Utomo, sebuah organisasi pergerakan nasional yang melatarbelakangi berdirinya organisasi-organisasi lain dalam rangka mewujudkan persatuan guna mengejar ketertinggalan dari bangsa lain.

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bertujuan untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan.

Apa tema dan logo Harkitnas 2023?

Tema

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023 adalah “Semangat untuk Bangkit”.

Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik. Selain itu, juga mengandung pesan untuk tetap menjaga semangat persatuan dan pembangunan untuk bangkit bersama untuk Indonesia yang lebih jaya.

Logo

Inilah logo Harkitnas ke-115 tahun 2023:

logo hari kebangkitan nasional

Unduh logo PNG | JPG

Logo ini mendeskripsikan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

  • Garis lengkung pada angka satu menyerupai bendera Indonesia yang melambangkan keberanian dan kesucian.
  • Tiga garis tegas berjajar menyerong ke kanan merupakan sebuah simbolisasi dari jalan yang bergerak dinamis menuju kebangkitan Indonesia yang lebih tangguh.
  • Bendera Indonesia melambangkan kekuatan dan semangat untuk bangkit lebih kuat.
  • Bentuk setengah lingkaran pada angka lima melambangkan sebuah solidaritas dan gotong royong untuk membangun Indonesia maju.

Banner, Spanduk, dan Twibbon

banner hari kebangkitan nasional
twibbon hari kebangkitan nasional
background hari kebangkitan nasional
spanduk hari kebangkitan nasional

Demikianlah tema dan logo peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2023. Harapannya, peringatan ini tidak sekadar seremonial saja, tetapi juga merangsang semangat patriotisme dan cinta tanah air di kalangan generasi muda untuk berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa, seperti yang ditunjukkan para tokoh pergerakan nasional dulu.

Sumber : Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 Tahun 2023

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.