Soal PAT Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 2 Tahun 2023-2024

Soal Bahasa Jawa Kelas 4 untuk persiapan menghadapi Penilaian Sumatif Akhir Tahun (SAT) Tahun Pelajaran 2023-2024.

Seperti kita ketahui, Sumatif Akhir Tahun atau sebelumnya kita sebut dengan Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan penilaian yang dilakukan pada akhir tahun ajaran, setelah para siswa menyelesaikan program belajar selama semester 2 (genap).

Sumatif Akhir Tahun mengujikan semua mata pelajaran, termasuk mapel Bahasa Jawa bagi sekolah yang memilih Bahasa Jawa sebagai salah satu muatan lokal yang dipelajari.

Dalam kurikulum merdeka, muatan lokal Bahasa Jawa disusun dan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga besar kemungkinan capaian pembelajaran antara daerah satu dengan lainnya berbeda.

Akan tetapi, mengingat penyusunan materi Bahasa Jawa pada kurikulum sebelumnya (K13) juga dilakukan Pemerintah Daerah, maka materi Bahasa Jawa pada kurikulum merdeka cenderung memiliki banyak kesamaan, hanya ada beberapa pengembangan pada beberapa pokok bahasan.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan soal latihan Bahasa Jawa untuk persiapan Penilaian Sumatif Akhir Tahun. Banyak yang berpendapat bahwa mencari referensi soal-soal mapel Bahasa Jaw aitu sulit, tidak semudah mencari referensi untuk mapel-mapel umum lainnya.

Sehingga, besar harapan dengan adanya soal Latihan ini bisa membantu Bapak/Ibu guru maupun para siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi Sumatif Akhir Tahun, sehingga hasil/nilainya terpenuhi untuk kenaikan kelas.

Berikut ini contoh Soal PAT Bahasa Jawa Kelas 4 Tahun Pelajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang berminat bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini.

soal bahasa jawa kelas 4
Soal PAT Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 2.pdf 200kb

Adapun pokok bahasan yang diujikan dalam soal di atas sesuai kurikulum adalah:

  • unsur intrinsik teks cerita rakyat
  • tembang macapat
  • sandhangan aksara Jawa

Demikian yang bisa saya bagikan pada postingan ini tentang Soal PAT Bahasa Jawa Kelas 4 Semester 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Guru biasa yang ingin belajar dan berbagi.