Berikut Naskah Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

lirik lagu indonesia raya 3 stanza

Sebelum dijadikan peraturan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu, mungkin tidak banyak yang tahu kalau lirik lagu Indonesia terdiri dari 3 stanza. Kita mungkin sebatas mengerti 1 stanza saja karena itulah yang seringkali dinyanyikan. Padahal sebenarnya stanza (bait) pertama itu hanya pembuka lagu.

Sedikit kembali membaca sejarah, lagu yang diciptakan WR. Supratman ini dinyanyikan pertama kali waktu Kongres Pemuda II di Jakarta 28 Oktober 1928. Kemudian lagu Indonesia Raya versi yang asli (3 bait) ini disahkan oleh Presiden Soekarno lewat Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 1958 tertanggal 26 Juni 1958.

Karena sudah diteken sebagai Permendikbud, sudah saatnya sekolah-sekolah kini mulai menyanyikan lagu Indonesia yang terbaru. Terutama saat upacara bendera tiap hari Senin maupun upacara hari besar nasional. Kenapa harus tiga stanza? Karena itu menunjukkan keutuhan. Stanza pertama hanyalah pendahuluan, sedangkan bagian intinya ada di stanza 2 dan 3.

Nah, berikut ini NASKAH/TEKS LIRIK LAGU INDONESIA RAYA 3 STANZA

indonesia raya stanza 1
indonesia raya stanza 2
indonesia raya stanza 3

Untuk videonya bisa dilihat pada salah satu postingan youtube berikut ini:

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.