Skip to main content

Pedoman Kegiatan HAB Kemenag ke-73 Tahun 2019

Update 20 Desember 2018

Tanggal 3 Januari ditetapkan sebagai Hari Amal Bakti Kementerian Agama (HAB Kemenag) yang menyesuaikan dengan hari lahir Kementerian Agama tanggal 3 Januari 1946. Setiap instansi yang bernaung di bawah Kemenag, umumnya menyelenggarakan kegiatan yang intinya adalah memeriahkan salah satu hari besar ini.

Seperti biasa, semua instansi termasuk sekolah/madrasah lebih dulu menyelenggarakan kegiatan. Seperti mengadakan jalan sehat se-kabupaten/kota maupun lomba-lomba antar lembaga. Selain memeriahkan, kegiatan ini juga bagus untuk memupuk rasa kebersamaan.

Bagaimana dengan peringatan HAB tahun ini?

Mengutip dari Surat Edaran resmi dari laman kemenag.go.id, HAB Kemenag 2019 mengambil tema “Jaga Kebersamaan Umat” dengan tagline “Bersih Melayani”.

Logo HAB Kemenag ke-73 Tahun 2019:


Kegiatan-kegiatan:

1. Upacara HAB

  • Dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Januari 2019 pukul 07.30 waktu setempat, di seluruh satuan kerja Kementerian Agama pusat maupun daerah.
  • Pakaian : Pria: kemeja putih, celana hitam. Wanita: atasan putih, bawahan hitam, bagi muslimah berkerudung putih.

2. Zikir dan tasyakuran
Dilaksanakan di satuan kerja masing-masing, dan menyesuaikan dengan keyakinan agama masing-masing.

3. Pertandingan Olahraga, Lomba Kesenian, dan Hiburan

  • Pertandingan olahraga dilaksanakan dalam bentuk pertandingan Futsal, Tenis Meja, Bola Volley dan jenis olahraga lainnya.
  • Lomba kesenian dan hiburan dilaksanakan dalam bentuk lomba seperti lomba pop singer/karaoke, balap karung, tarik tambang dan lainnya dengan tujuan memeriahkan HAB dan memperkuat kebersamaan.

4. Bakti Sosial Darma Wanita Persatuan
Dilaksanakan dalam bentuk kegiatan dan aktivitas sosial seperti Donor Darah, bantuan beasiswa bagi anak pegawai Kemenag berprestasi dan kurang mampu, dan bazaar.

5. Jalan Sehat Kerukunan Umat Beragama
Dilaksanakan dengan melibatkan seluruh ASN dan Keluarga Besar Kemenag, dan mengundang Kepala Daerah, Ormas, dan tokoh-tokoh agama.

Pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing satuan kerja dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kehidmatan.

Sumber: surat edaran hab

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Sesuai tema yang diusung, semoga peringatan HAB kali ini benar-benar membawa kedamaian dan memupuk kerukunan tidak hanya di kalangan pegawai saja, namun juga seluruh umat beragama.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar