Cara Install Dapodik 2018.b untuk Operator Baru

Tak terasa hampir 2 minggu tak menulis postingan baru di blog ini. Habis kesana kemari mengumpulkan berkas syarat PPG sampai lupa blog kesayangan. Sebenarnya bukan tidak ada waktu, hanya malas saja menulis. Dan setelah berkas terkumpulkan, tinggal pasrahkan saja kepada-Nya, lanjut atau tidaknya. Sekarang saatnya menulis lagi. Kali ini ingin berbagi Cara Install Dapodik 2018b yang baru saja dirilis.

Kenapa hanya untuk operator baru? Rasa-rasanya bagi rekan yang sudah kawak-kawak, sudah mastah di bidang per-dapodik-an (OPS Generasi Old) sudah tak butuh panduan seperti ini. Paling-paling baca panduan cuma memastikan saja. Pilih langsung utak-atik sendiri ketimbang baca tutorial yang kurang lebih sama tiap kali updatenya.

Tapi bagi operator baru? Umumnya mencari dulu panduan cara menginstalnya. Takut salah dan sebagainya. Bertanya-tanya ke rekan operator sekolah lain, atau berselancar sendiri mencari petunjuk yang tersebar di dunia maya.

Dan perlu diingat, untuk Dapodik kali ini kita tidak bisa melakukan update secara online. Melainkan harus secara manual (offline).

Baiklah, tanpa basa-basi langsung saja inilah step by step Cara Install Dapodik 2018b.

Unduh Aplikasi dan Prefill Dapodik 2018b

Yang pertama tentu kita harus punya Aplikasinya dulu. Silahkan menuju halaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Pastikan file yang kamu simpan berukuran sekitar 63 mb.

Kalau sudah, kita beralih ke menu “DATA PREFILL”, klik UNDUH PREFILL DAPODIK.

Isikan semuanya mulai Jenjang, Username, Password, dan Kode Registrasi. Klik tombol GENERATE dan tunggu beberapa saat. Kalau sudah muncul tampilan seperti ini, tinggal tekan tombol download (file yang tersimpan berekstensi .prf).

Setelah berhasil terdownload sempurna, cari file tersebut lalu pindahkan ke drive C dengan nama folder “prefill_dapodik” (tanpa tanda petik).

Pengaturan Waktu Pada Komputer

Hal ini penting untuk memastikan sinkronisasi data Dapodik kita nanti benar-benar berjalan dengan baik.

Caranya, klik tombol waktu di pojok kanan bawah komputer, pilih “Change date and time settings”. Jika tanggal dan waktu belum sesuai, maka sesuaikan dulu. Lalu pada time zone pilih lokasi dimana anda berada sekarang. Seperti ini,

Uninstall Dapodik Lama

Sebelum kita install Dapodik yang baru, terlebih dulu kita uninstall Dapodik yang lama (2018.a). Setelah uninstall selesai, lakukan Restart untuk memastikan aplikasi lama benar-benar telah terhapus.

Install Dapodik 2018.b

Setelah semua persiapan selesai, saatnya kita mulai menginstall Dapodik 2018b. Untuk lebih mudahnya, silahkan ikuti gambar di bawah (geser yaa…)











Setelah proses instalasi selesai, klik 2x pada aplikasi yang muncul di desktop. Isikan masing-masing kolom. Kalau sudah klik Submit.

Tunggu prosesnya sampai selesai.

Demikianlah cara instal Dapodik 2018.b. Kalau diperhatikan, ternyata banyak isian di Dapodik 2018.b ini yang masih kosong. Jadi meskipun di Dapodik sebelumnya sudah terisi, cek satu per satu semua isian mulai dari menu Sekolah sampai yang paling bawah untuk memastikan data yang kita input benar-benar lengkap. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait: