Penempatan/Plotting LPTK Peserta PPG Dalam Jabatan 2019

Penempatan LPTK PPG 2018

Informasi mengenai LPTK / Perguruan Tinggi tempat dimana peserta akan melaksanakan rangkaian proses PPG mulai awal hingga akhir merupakan info yang ditunggu berikutnya setelah adanya kepastian lolos verifikasi LPMP. Bahkan di banyak kabupaten/kota sudah menggelar sosialisasi/bimbingan teknis perihal persiapan PPG nantinya.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi/LPTK Penyelenggara PPG 2018-2019

Juga dengan adanya pedoman penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan yang sudah dirilis beberapa waktu lalu, telah memberi kepastian mengenai pelaksanaan PPG itu sendiri. Setidaknya ini memberi kesempatan bagi Bapak/Ibu untuk mengatur waktu yang nanti dihabiskan untuk PPG, seperti menyiapkan tugas untuk siswa-siswa di kelas, atau berkoordinasi dengan guru lain terkait tugas mengajar. Hal ini mengingat ada beberapa minggu nantinya peserta harus meninggalkan kelas secara full untuk kegiatan tatap muka di LPTK.

Baca : Syarat dan Jadwal PPG Dalam Jabatan 2019

Nah, yang masih ditunggu-tunggu hingga kini adalah penentuan LPTK yang akan menjadi tempat masing-masing peserta melaksanakan PPG. Banyak yang berharap prosesnya cepat selesai dan segera diumumkan. Sekali lagi ini mengingat proses PPG yang memakan waktu hingga 5 bulan, tidak seperti PLPG yang kurang lebih 14 hari. Sehingga peserta benar-benar harus mempersiapkan sejak awal mulai dari transpot maupun biaya pribadi lainnya.

Cara Cek Hasil Penempatan LPTK Peserta PPG Dalam Jabatan 2019 – Update 14 Januari 2019

Sebelumnya Kemdikbud menginformasikan bahwa setelah verifikasi berkas administrasi calon peserta PPG Dalam Jabatan sudah selesai, hasil penempatan peserta PPG di LPTK akan dipublikasikan di laman sergur.id atau ap2sg.sertifikasiguru.id. Itu artinya kita bisa menunggu hasilnya sambil terus mengecek salah satu laman tersebut.

Nah, saat ini (per 14 Januari 2019) hasil penempatan/plotting LPTK untuk tiap-tiap peserta (Mahasiswa PPG 2019) sudah resmi dirilis. Untuk melihat hasilnya, caranya sebenarnya cukup mudah karena sama dengan saat melihat pretest lalu (lulus/tidak lulus). Berikut ini step by step nya:

1. Masuk ke laman Sergur.id
2. Scroll sampai paling bawah. Pada bagian Tautan Informasi, pilih “Informasi penempatan LPTK bagi cadangan/calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2019 angkatan 1
3. Isikan NUPTK atau No Peserta (No UKG)
4. Jika sudah, seharusnya LPTK untuk Bapak/Ibu sudah tertera. Seperti di bawah ini:

lptk-ppg

Catatan:
1. LPTK hanya muncul untuk kuota “Calon Peserta” dan “Calon Peserta Cadangan”.
2. Apabila LPTK belum tertera (masih kosong), dan yang muncul hanya Hasil Seleksi Akademik, Administrasi dan Kuota, maka kemungkinan Bapak/Ibu diminta untuk menyelesaikan Konfirmasi Kesediaan terlebih dulu.

Baca: Konfirmasi Kesediaan dan Cetak Form A1 & Pakta Integritas

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kali ini. Informasi terbaru seputar PPG 2019 pada umumnya akan terus kami update di blog ini. Salam.

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.