Pengumuman Kelulusan Hasil Ujian SD/SMP/SMA/Program Paket Tahun 2018

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian Ujian Nasional mulai dari ujian tingkat sekolah, ujian praktek, hingga ujian sekolah berstandar nasional, kini tiba saatnya untuk menunggu jadwal pengumunan kelulusan. Semua peserta ujian dan guru tentu berharap agar mendapat hasil yang terbaik dalam gelaran ujian kali ini.

Bagi peserta (siswa), hasil ujian yang baik tentu mempermudah dalam menjalani pendidikan pada jenjang berikutnya. Sedangkan bagi guru/sekolah, hasil ujian nasional dapat dijadikan bahan evaluasi tentang tingkat keberhasilan (mutu) pembelajaran yang telah dilaksanakan. Nilai ujian yang baik juga bisa meningkatkan pamor sekolah yang bersangkutan di mata masyarakat.

Ada kriteria yang dipakai dalam menetapkan kelulusan siswa. Seorang siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik
  3. Mengikuti Ujian Nasional
  4. Lulus USBN sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Berdasarkan pertimbangan di atas, satuan pendidikan (sekolah) menetapkan siswa lulus atau tidak melalui rapat dewan guru.

Mengenai kapan pelaksanaan pengumuman sendiri, sebenarnya sudah diatur dalam Prosedur Operasional Standar (POS-USBN) Tahun 2018 yang digunakan sebagai acuan/juknis dalam penyelenggaran USBN secara keseluruhan. Pada Bab XIII disebutkan bahwa pengumuman kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan ketentuan sebagai berikut.

No Jenjang/Jenis Pendidikan Tanggal
1 SD/MI Sederajat 4 Juni 2018
2 SDLB/MILB
3 SMP/MTs sederajat 28 Mei 2018
4 SMPLB/MTsLB
5 SMA/MA sederajat 3 Mei 2018
6 SMALB/MALB
7 SMK/MAK 14 Mei 2018
8 Pendidikan Kesetaraan Program Paket A / Ula
9 Pendidikan Kesetaraan Program Paket B / Wustha 7 Juni 2018
10 Pendidikan Kesetaraan Program Paket C / Ulya

Dengan sudah adanya jadwal pengumuman kelulusan yang dilakukan serentak di atas, tentu mempermudah sekolah dalam melakukan persiapan yang diperlukan saat pelaksanaan pengumuman. Termasuk beberapa tindak lanjutnya, seperti mencetak Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) sementara yang biasanya diperlukan untuk penerimaan siswa baru di jenjang sekolah berikutnya.

Artikel Terkait: