Skip to main content

follow us

Saat ini, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) menjadi wadah perjuangan bagi guru-guru di seluruh Indonesia mulai dari jenjang PAUD Dikmas, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Meski bukan satu-satunya organisasi yang diakui pemerintah, namun PGRI lah organisasi guru tertua dan memiliki jumlah anggota terbanyak. Terlebih hari lahir PGRI (25 November) ditetapkan sebagai hari guru nasional.

Sebagaimana organisasi profesional umumnya, PGRI memiliki mars/lagu yang kerap dinyanyikan pada berbagai acara peringatan. Seyogyanya setiap anggota PGRI hafal liriknya, bukan saja untuk dinyanyikan pada acara tertentu, tapi juga untuk memahami makna yang terkandung dalam liriknya yang begitu dalam.

Mengenai lagu mars PGRI, nama penciptanya adalah Basuki Endropranoto, guru dan penulis buku yang lahir di Karanganyar tanggal 9 Juli 1914. Lagu ini disahkan saat Kongres PGRI ke-VI di Malang, Jawa Timur tanggal 24 sampai 30 November 1952, dengan ketua kongresnya adalah Soedjono dan M.E.Subiadinata.

Sekilas tentang lirik mars PGRI, berisi dorongan kepada seluruh guru untuk bersatu, membebaskan masyarakat dari gulita kegelapan, serta berdiri di depan sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa. Para guru juga diajak untuk insyaf membangun kesadaran, agar selalu menjalankan tugas pokonya mengajar anak bangsa, juga pencipta kekuatan negara.

Baca juga: Lirik dan Video Lagu Mars "Wajib Belajar"

Nah, berikut ini lirik dan video “Mars PGRI”




Lirik Mars PGRI:
PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

PGRI abadi
bernaung di bawah sang panji
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
Kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar p’tra putri
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara
- - - - -

Baca juga: Lirik Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Demikianlah postingan kali ini mengenai lirik dan video Mars PGRI. Semoga bermanfaat bagi rekan guru semua..

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar