Skip to main content

follow us

Sucikan hati di hari nan fitri. Kami, admin Panduan Mengajar memohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada tutur kata dalam postingan yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Guru semua. Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin (1 Syawal 1439 H).

×
Memilih sekolah baru pasti menjadi agenda para orang tua terutama ketika sang anak baru saja lulus dari satuan pendidikan. Siapapun orang tua pasti menginginkan anaknya memperoleh pendidikan di sekolah yang bagus. Sebab pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kesuksesan anak kelak.

Memilih sekolah tidak boleh sembarangan. Sebab anak akan menjalani kehidupan sehari-hari di sekolah itu selama beberapa tahun. Jangan sampai karena kesalahan di awal, anak anda tidak berkembang potensinya. Banyak yang berani membayar mahal untuk bisa masuk sekolah tertentu. Padahal sejatinya, tingginya biaya belum tentu sejalan dengan kualitas sekolah.

Di beberapa sekolah yang masuk kategori favorit, sebagian anak tidak mendapat pelayanan maksimal. Sebab jumlah muridnya yang terlampau banyak dan tidak sebanding dengan jumlah guru yang mengajar. Untuk itu perlu pertimbangan yang matang dalam memilih sekolah. Sekolah yang tepat punya dampak yang besar terhadap perkembangan dan kecerdasan anak.

Nah, seperti apa memilih sekolah yang terbaik? Berikut ini kami merangkum 5 pertimbangan yang perlu Bapak/Ibu ketahui sebelum memutuskan sekolah yang tepat untuk si buah hati.:

1. Jenis Sekolah





Ada beberapa jenis sekolah yang bisa menjadi pilihan, seperti sekolah negeri, sekolah berbasis agama, sekolah alam, sekolah internasional dan sebagainya. Sekolah negeri tentu menjadi pilihan pertama, namun tidak menutup kemungkinan anda memilih sekolah swasta yang saat ini memiliki banyak program unggulan yang bagus. Jenis sekolah akan menentukan seperti apa kurikulum/pembelajaran yang akan dijalankan setiap harinya.

Rekomendasi: Inilah Penyebab Sekolah Swasta Makin Maju dan Banyak Diminati

2. Jarak Sekolah





Pertimbangan kedua adalah jarak. Saat ini pemerintah sudah menerapkan sistem zonasi yang berarti lebih merekomendasikan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah terdekat. Jarak rumah ke sekolah berpengaruh pada waktu serta biaya selama perjalanan ke sekolah. Meski banyak yang tidak mempedulikan hal ini, biarpun jauh asalkan sekolahnya bagus tidak apa-apa. Nah bagi anda yang memutuskan menyekolahkan anak di sekolah negeri luar zona/wilayah, siap-siap bersaing lebih ketat dengan kuota yang lebih sedikit.

3. Track Record Sekolah


Jangan hanya terpukau pada banyaknya program rencana yang ada di brosur-brosur maupun spanduk promosi. Tapi pelajari juga bagaimana sekolah menjalankan program itu, serta capaian apa yang sudah berhasil diraih. Terkadang suatu sekolah memang memiliki program unggulan, namun pelaksaannya kurang disiplin dan diampu oleh tenaga yang bukan di bidangnya. Untuk hal ini, kita bisa menanyakan secara sekilas kepada siswa yang masih aktif atau kepada alumni tentang jalannya proses pembelajaran yang ada di sekolah.

4. Rasio jumlah guru dan siswa





Sekolah yang bermutu biasanya membatasi jumlah siswa lebih ketat, dan tidak memaksakan untuk memperoleh jumlah siswa dalam jumlah sebanyak mungkin. Apabila dalam satu kelas jumlah siswanya melebihi kapasitas, sedangkan di situ hanya asa satu orang guru, tentu sulit untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Jumlah siswa yang banyak juga membuat anak anda sulit berkonsentrasi saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

5. Kemampuan dan Minat Anak





Sesuaikan sekolah dengan kemampuan dan karakter anak. Terkadang ada orang tua yang memaksakan anaknya harus bersekolah di sekolah favorit dengan segala cara meski mengakui kemampuan anak tidak mampu. Tentu ini bukan pilihan bijak karena justru nanti akan memberatkan hari-hari si anak. Selain kemampuan, minat anak terhadap suatu bidang juga patut diperhatikan terutama yang akan melanjutkan sekolah dari SMP ke SMA/SMK.

Itulah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebagai orang tua dalam memilihkan sekolah untuk anak. Yang penting, hilangkan mindset bahwa anak harus bisa masuk ke sekolah maju atau favorit, karena yang benar adalah anak mendapat sekolah yang tepat. Dan itu bisa dicapai dengan jalan mengumpulkan informasi sebenyak mungkin terkait kondisi sekolah yang akan anda tuju.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Anak Kecanduan Game Online

Bermodal informasi yang memadai, silahkan anda putuskan sekolah mana yang anda yakini sesuai dengan minat anak serta bisa mengeluarkan seluruh potensi anak anda secara maksimal.

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar