Cara Melihat NPSN Sekolah dengan Mudah

cara melihat npsn sekolah

NPSN merupakan akronim dari Nomor Pokok Statistik Nasional. NPSN menjadi nomor yang bersifat unik dan membedakan antara sekolah satu dengan lainnya. Sebagai identitas milik sekolah, NPSN dicantumkan pada kop surat resmi sekolah.

Nah, adakalanya ketika Bapak/Ibu membutuhkan nomor ini kemudian terlupa, seperti saat hendak menuliskannya di jurnal, perangkat pembelajaran , buku induk, dan sebagainya. Sebenarnya ada cara mudah untuk melihat NPSN sekolah anda. Disini kita akan memakai 2 cara. Silahkan Bapak/Ibu memilih yang lebih mudah.

Yang pertama adalah lewat situs Dapodikdasmen, dan kedua mencari langsung lewat pencarian google. Baiklah, berikut ini langkah-langkahnya.

Cek NPSN Sekolah Lewat Dapodikdasmen

Melihat NPSN lewat Dapodikasmen maka sekaligus kita nanti bisa mengecek status sekolah dan alamat.

1. Silahkan masuk ke http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pencarian.

2. Pada kotak pencarian sekolah di pojok kanan atas, masukkan kata kunci pencarian (sebaiknya gunakan nama desa jika SD, atau nama kecamatan jika SMP/SMA/SMK, dan nama sekolah jika SLB).

pencarian sekolah

3. Muncul hasil pencarian berupa sekolah-sekolah yang punya kesamaan nama. Silahkan pilih NPSN yang alamatnya sesuai dengan alamat sekolah anda.

Itulah cara cek NPSN lewat Dapodikdasmen. Sekarang bagaimana kalau langsung lewat pencarian google?

Cek NPSN Sekolah Langsung Lewat Google

Sebenarnya data yang diinput oleh Operator Sekolah lewat Dapodik dan bermuara di referensi data itu pastinya juga terdeteksi oleh google. Ini tentu mempermudah kita untuk mencari data tertentu. Namun Bapak/Ibu harus teliti bahwa data yang muncul benar-benar sekolah anda, sebab tak jarang nama sekolah yang sama terutama sekolah negeri.

Berikut ini caranya,

1. Silahkan masuk ke google, ketikkan kata kunci “NPSN SDN 1 . . . .”. Nah pada hasil pencarian teratas, pastikan beralamat dari referensi.data.kemdikbud.go.id/.... . Seperti berikut ini,

cek npsn lewat google

2. Klik link tersebut. Sudah ada data lengkap sekolah mulai dari NPSN, Alamat sekolah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Cek Keabsahan Nomor Ijazah

Demikian informasi kali ini mengenai cara melihat NPSN sekolah dengan mudah. Semoga bermanfaat ...

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.