Skip to main content

follow us

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober, didasarkan atas peristiwa Kongres Pemuda II di Jakarta tahun 1928, dimana pada hari itu para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dan bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia ini melahirkan ikrar dari para pemuda lintas wilayah, yaitu satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Setiap tahun, hari sumpah pemuda selalu disemarakkan oleh berbagai kegiatan, mulai dari menggelar upacara bendera di instansi-instansi, pemberian penghargaan, dan kegiatan lainnya yang menunjukkan semangat kepemudaan. Pemerintah pun selalu memberikan anugerah dan penghargaan tingkat nasional untuk para pemuda pelopor di berbagai bidang, seperti pendidikan, teknologi, pangan, agama dan sosial budaya, serta bidang sumber daya alam dan pariwisata.

Untuk tahun 2018 ini, Kemenpora sudah merilis pedoman pelaksanaan yang ditujukan kepada seluruh Kementerian/Lembaga, Gubernur, Bupati, Walikota dan seluruh pemangku kepentingan kepemudaan. Berikut ini kami bagikan pedoman peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 sebagai berikut:
  1. Melaksanakan upacara bendera di instansi masing-masing pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 2018 atau hari kerja sesudahnya.
  2. Melibatkan Organisasi Kepemudaan, Pramuka, Satuan Pendidikan baik umum maupun keagamaan dan unsur Kepemudaan lainnya.
  3. Menggunakan logo, tema, tagline dan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga. (unduh disini)
  4. Menjadikan bulan Oktober sebagai bulan pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat persatuan dan kesatuan, serta menyemarakkannya dengan spanduk, baliho, banner dan media sosialisasi lainnya dengan tema dan alternatif format terlampir.
  5. Pelaksanaan kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda, diserahkan sepenuhnya kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah sesuai situasi dan kondisi setempat.

Logo Sumpah Pemuda Tahun 2018



Untuk menyimpan logo dalam format PNG, silahkan klik disini.

Makna logo: Kita mengakui dan menerima perbedaan, kita sekaligus juga punya keyakinan bahwa akan selalu ada yang merekatkan kita, walaupun tidak selalu utuh dan sempurna karena kesempurnaan hanya milik Sang Pencipta.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2018

Sesuai yang tertera di logo, tema HSP kali ini adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, bermakna pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpnan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber : www.kemenpora.go.id

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018

Demikian uraian tentang pedoman pelaksaan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini, seyogyanya sumpah pemuda dijadikan momen untuk selalu bergandengan tangan, menggelorakan persatuan, menghindari ujaran kebencian, serta berlomba-lomba menjadi pemuda pelopor di bidang-bidang yang produktif. Inilah cara yang bisa kita para pemuda lakukan untuk menghormati jasa para pemuda pendiri bangsa, yang telah berkorban untuk kemerdekaan republik ini. Sekian...

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar