Skip to main content

follow us

Hari Hak Asasi Manusia atau Human Rights Day merupakan hari besar internasional yang diperingati tiap tanggal 10 Desember. Penetapan tanggal ini didasarkan pada Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum PBB pada 10 Desember 1948. Sehingga, tahun ini adalah peringatan hari HAM yang ke 70.

Sekilas tentang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, meski sifatnya tidak mengikat, tetapi dokumen ini telah mengilhami lebih dari 60 instrumen yang saat ini menjadi standar umum HAM. Doumen ini termasuk salah satu dokumen yang paling banyak diterjemahkan di seluruh dunia (diterjemahkan lebih dari 500 bahasa).

Sebagai hari besar internasional, masing-masing negara tentu berkesempatan ikut merayakan, termasuk Indonesia. Setiap negara biasanya merayakan tanggal ini untuk mengumandangkan pentingnya pemenuhan hak dasar manusia, seperti hak atas pendidikan, kehidupan yang layak, kesehatan dan hak untuk hidup bebas dari segala bentuk diskriminasi.

Terkait perayaan Hari HAM di Indonesia, Kemenkumham selaku lembaga negara kita yang mengurusi masalah HAM juga sudah menetapkan beberapa agenda khusus memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Tahun 2018. Dikutip dari www.ham.go.id, beberapa kegiatan yang digelar oleh Kemenkumham sebagai berikut :

  1. Donasi Buku
  2. Lomba Cerdas Cermat
  3. Lomba dan Pameran Foto HAM
  4. Seminar tentang Bisnis 
  5. Penayangan Film HAM
  6. Workshop tentang disabilitas mental
  7. Talk You Rights, Respect For All
  8. Fun Walk
  9. Pameran HAM

Puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke 70 ini akan dilangsungkan di kantor Kemenkumham pada hari Selasa, 11 Desember 2018 dengan diisi pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM.

Berikut ini spanduk resmi peringatan Hari HAM Sedunia ke 70 dari Kementerian Hukum dan HAM.

Nah, momen Hari HAM kali ini kiranya bisa menjadi bahan refleksi bagi kita untuk tidak selalu menuntut hak diri pribadi, tetapi juga sejauh mana kepedulian kita terhadap hak dasar orang lain. Selain itu, hari HAM sepatutnya juga digunakan pemerintah untuk mengevaluasi penanganan kasus-kasus dan masalah HAM yang pernah terjadi.

Bagaimanapun, masalah HAM merupakan masalah dasar bagi manusia, sehingga pelanggaran atasnya tidak bisa dibenarkan dan harus dilawan. Mudah-mudahan ke depan kasus-kasus pelanggaran HAM semakin berkurang, terutama yang sekarang marak terjadi yaitu diskriminasi dan pembullyan.

Semoga artikel ini bermanfaat...

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar