Skip to main content

follow us

Bagi anda yang berstatus PNS, pastinya memiliki data pribadi yang melekat dalam status kepegawaian anda. Mulai saat diangkat CPNS, anda menerima SK CPNS yang disitu tertera TMT CPNS. Kemudian setelah memenuhi persyaratan, anda menerima SK PNS yang juga tertera TMT PNS.

Demikian seterusnya saat ada kenaikan pangkat/golongan ruang. Data-data tersebut akan selalu dibutuhkan dalam banyak hal sampai pensiun.

Biasanya, untuk mengingat data-data tersebut kita menyimpan fotocopi SK dan berkas-berkas penting lainnya di kantor. Agar jika sewaktu-waktu ada pendataan/pemberkasan terkait kepegawaian kita tinggal melihat dan menggandakan lagi.

Namun bagaimana jika yang diperlukan hanya datanya saja, bukan berkas fisiknya? Saat ini kita dapat mengecek data profil PNS secara online melalui laman resmi BKN. Tentunya ini sangat memudahkan bagi kita.

Berikut manfaat yang bisa diperoleh:

1. Melihat status kenaikan pangkat/golongan ruang.

Bagi anda yang sedang mengajukan kenaikan tingkat, atau memang sudah saatnya bisa rutin memantau laman ini untuk melihat status pengajuannya. Jadi tidak perlu terburu langsung bertanya pada dinas terkait atau BKD.

2. Memiliki arsip online yang bisa dicek sewaktu-waktu.

Di zaman sekarang, memiliki arsip online sangat penting. Seringkali kita dimintai berkas dengan tenggat waktu yang cepat. Berkas-berkas tersebut sebenarnya bisa kita scan kemudian disimpan di aplikasi penyimpanan online sehingga memudahkan kita saat dimintai berkas mendadak. Demikian juga data profil PNS yang bisa kita akses secara online ini tentu memudahkan kita.

Baca juga: Jalur Masuk Menjadi CPNS Guru

Cara Cek Profil PNS di laman apps.bkn.go.id

Bukan hanya cek NIP dan pangkat PNS yang bisa kita lakukan, berikut data profil yang muncul secara lengkap:

  1. NIP Lama
  2. NIP Baru
  3. Tempat Lahir 
  4. Tanggal Lahir
  5. Golongan, Pangkat
  6. TMT Golongan
  7. Pendidikan Terakhir
  8. TMT CPNS
  9. TMT PNS
  10. TMT Jabatan
  11. Unit Kerja
  12. Instansi Kerja
  13. Kedudukan Hukum
Untuk mengeceknya, caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Silahkan masuk ke laman https://apps.bkn.go.id/, pilih “Profil PNS”. Atau anda bisa melewati langkah tersebut dan langsung masuk ke https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/.
  2. Masukkan NIP anda (18 digit)
  3. Isikan kode captcha yang muncul
  4. Selesai, muncul data utama profil PNS.

Silahkan dicek, dan apabila ada yang tidak sesuai, sesuai petunjuk yang ada kita diharap menghubungi BKD atau Biro Kepegawaian dengan menunjukkan dokumen asli (otentik).

Demikian yang dapat kami bagikan terkait dengan Cek Profil PNS di website BKN. Semoga bermanfaat..

Artikel Lainnya:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar