Skip to main content

Doa Mengakhiri Pelajaran (Sebelum Pulang Sekolah)

Setelah selesai mengikuti pelajaran tiap harinya, umumnya guru dan siswa membaca doa bersama-sama. Ada yang dibaca dengan suara keras, ada yang yang dibaca pelan sambil menundukkan kepala.

Berdoa selain mengharap pahala dan ridho Allah SWT, juga untuk meningkatkan sikap sipiritual anak. Berdoa sebelum pulang sekolah, berarti ia mengucap syukur atas ilmu yang diperoleh dan memohon agar ilmunya nanti bermanfaat dan berguna. Dengan demikian, memanjatkan doa amatlah penting, karena dapat membentuk karakter baik pada anak.

Baca juga: Doa Sebelum Memulai Pelajaran di Kelas

Baiklah, berikut ini doa-doa yang biasa dibaca saat mengakhiri pelajaran di sekolah (khusus bagi umat Islam) yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Silahkan bapak/Ibu apabila berkenan bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa doa berikut ini.

Sebelum membaca doa, kita membaca dulu Surat Al-Ashr. Saya tidak tahu sejak kapan kebiasaan ini dimulai, tetapi bacaan Surat Al-Ashr sudah menjadi tradisi sejak dulu. Dan sekarang pun saya selalu membiasakan anak-anak di kelas membacanya ketika pelajaran berakhir.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .
Wal'ashr innal insaana lafii khusr, Illaalladziina aamanuu wa'amilush shaalihaati watawaasaw bilhaqqi watawaasaw bishshabr
Artinya:
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.

Ternyata Surat Al Ashr menyiratkan harapan agar ilmu yang sudah dipelajari bisa diterima tanpa kesia-siaan. Semua ilmu yang diperoleh senantiasa diingat dan berguna setiap waktu, termasuk nasehat guru.

Doa Kesatu

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.

Doa Kedua

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ
Allahumma arinal aaqqa haqqan, warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.
Artinya :
Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya

Doa Ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ
Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal
Artinya:
Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.

Doa Keempat

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Robbi auzi'nii an asykuro ni'matal latii an'amta 'alayya wa 'alla waalidayya wa an' a'mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibaadikash shoolihiin
Artinya:
Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Dan terakhir, kita bisa mengajak anak-anak membaca doa penutup majlis,

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik..
Artinya :
Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.

Demikianlah bacaan doa untuk mengakhiri pelajaran di kelas saat hendak pulang. Mungkin anda punya bacaan lain yang biasa dibaca anak-anak saat pulang sekolah?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar