Skip to main content

follow us

Seperti halnya dengan PPG di lingkungan Kemdikbud, PPG Dalam Jabatan di lingkungan Kemenag juga dilaksanakan secara bertahap. Saat ini sudah banyak peserta yang menyelesaikan seluruh rangkaian alur PPG, mulai dari daring, tatap muka, dan UKMPPG (Uji Pengetahuan dan Uji Kinerja). Hasilnya ada yang sudah dinyatakan lulus, namun ada pula yang belum dan harus mengulang ujian akhirnya.

Melanjutkan PPG tahap sebelumnya, akan diadakan kembali Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2019 diperuntukkan bagi guru-guru madrasah di bawah naungan Kemenag. Pesertanya adalah yang melakukan pendaftaran pada bulan April 2019 lalu melalui akun simpatika masing-masing PTK.

Rangkaian kegiatan PPG Daljab diawali dengan pretest / Seleksi Akademik yang diadakan di TUK-TUK (Tempat Uji Kompetensi) yang sudah ditentukan. Hasil seleksi ini akan memutuskan apakah nantinya peserta bisa lolos dan dinyatakan sebagai peserta PPG tahun ini.

Nah, bagi Bapak/Ibu yang mengajukan pendaftaran PPG bulan April lalu, pada hari ini (18/05/2019) sudah bisa mengecek jadwal dan lokasi pretest / seleksi akademik.

Selanjutnya, jangan lupa mencetak S37a atau Surat Pengantar Ujian Seleksi Akademik untuk dibawa ke lokasi ujian. S37a ini berisi informasi:

  • Lokasi dan tempat PPG
  • Username dan password peserta tes
  • Tata cara singkat mekanisme pelaksanaan tes

Sesuai edaran Dirjen Pendis, seleksi yang berlangsung 20-25 Mei ini diperuntukkan bagi guru mata pelajaran PAI (Fikih, Quran Hadis, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam), Bahasa Arab, Guru Kelas RA dan Guru Kelas MI. Adapun calon peserta PPG dalam Jabatan mata pelajaran umum akan dilaksanakan pada tahap berikutnya.

Baca juga : Daftar LPTK Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Kemenag

Demikian informasi singkat tentang dimulainya pretest / seleksi akademik PPG dalam Jabatan bagi guru madrasah Kemenag. Semoga Bapak/Ibu yang mengikuti seleksi ini memperoleh hasil bagus sehingga lolos sebagai peserta PPG tahun ini, Aamiin.

Artikel Lainnya: