Skip to main content

Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2019

Hari Kebangkitan Nasional, atau yang biasa disingkat Harkitnas diperingati tiap tanggal 20 Mei. Penentuan tanggal ini didasarkan pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo yaitu 20 Mei 1908, yang menjadi tonggak bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, serta nasionalisme untuk turut memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang saat itu masih dikuasai oleh penjajahan Belanda dan Jepang.

Tahun 2019 ini merupakan peringatan Harkitnas yang ke -111. Artinya, telah lebih satu abad kita bangkit untuk menciptakan persatuan bangsa. Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa. Dalam kondisi bangsa yang berbeda-beda, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan. Oleh sebab itu, patutlah kita optimis akan bangsa kita semakin maju, selama kita selalu memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

Terkait dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019 ini, Kemenkominfo telah merilis pedoman pelaksanaan kegiatan. Berikut ini kami kutip beberapa poin pentingnya, dan bagi anda yang menginginkan pedoman lengkap, bisa mengunduh pada bagian akhir artikel ini.

Tujuan

Tujuan peringatan 111 tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2019 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi bangsa kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tema

Tema Peringatan 111 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2019 adalah: “BANGKIT UNTUK BERSATU”

Logo

Simpan logo JPEG // PNG

Upacara Bendera

Tata Upacara Bendera :
1. Pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih
2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
3. Mengheningkan Cipta
4. Pembacaan Naskah-naskah :

  • Pancasila;
  • Pembukaan UUD 1945;
  • Naskah-naskah lain yang disesuaikan dengan penyelenggaraan upacara.

5. Pembacaan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika menyambut 111 Tahun Peringatan Hari Kebangkitan Nasional oleh Inspektur Upacara.
6. Menyanyikan Lagu-lagu Perjuangan (Bagimu Negeri, Satu Nusa Satu Bangsa, dll).
7. Pembacaan Do’a (do’a disusun dan dibacakan oleh masing-masing instansi penyelenggara upacara).

Selain menggelar upacara bendera, pokok kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan 111 Tahun Harkitnas adalah Seminar dan Dialog Interaktif, Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Bakti Sosial, dan Koordinasi, Publikasi dan Dokumentasi.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan berkenaan dengan pedoman peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Gambar dan Kata Ucapan Selamat HARKITNAS 2019

Unduh Kepmen Harkitnas Tahun 2019

Sumber : www.kominfo.go.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar