Skip to main content

Cara Mendaftar di Rumah Belajar Gratis Lewat PC atau Android

Belajar merupakan aktivitas yang sangat penting bagi semua orang. Terlebih bagi guru dan siswa, belajar memang suatu aktivitas yang dilakukan rutin setiap hari. Sehingga, baik guru maupun siswa selalu berusaha mencari cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk menunjang aktivitas belajarnya.

Di era teknologi sekarang ini, belajar menjadi lebih mudah berkat semakin banyaknya aplikasi-aplikasi tempat belajar yang bisa diakses secara online. Belajar tidak lagi seperti dulu, yang hanya mengandalkan buku cetak dan penyampaian informasi dari guru atau tutor. Kini, belajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja.

Salah satu situs atau web penyedia tempat belajar online adalah Rumah Belajar yang beralamat di belajar.kemdikbud.go.id. Sesuai namanya, situs ini dikembangkan oleh Kemdikbud yang bertujuan sebagai wadah belajar bagi siswa dan guru di semua jenjang, mulai dari tingkat PAUD sampai SMA/SMK sederajat.

Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan Rumah Belajar ini? Untuk bisa mengakses seluruh fitur di Rumah Belajar, tentu kita harus mendaftar terlebih dahulu.

Oh ya, sebelumnya perlu diketahui bahwa untuk mendaftar dan menikmati seluruh konten yang ada di Rumah Belajar itu gratis, anda hanya perlu menyiapkan email yang masih aktif. Dan ini menjadi salah satu dari Kelebihan Rumah Belajar dibanding bimbel online lainnya yang berbayar.

Seperti layaknya mendaftar di situs online, cara mendaftarnya bisa dengan 2 cara, yaitu melalui PC atau handphone/android. Berikut cara daftar jadi pengguna Rumah Belajar.

Cara Daftar Rumah Belajar Lewat PC/Laptop/Notebook

1. Masuk ke situs resmi Rumah Belajar

Silahkan buka browser dan ketik alamat registrasi resminya di https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/Account/Register.

2. Pilih tipe pengguna

Jika sudah membuka laman register di atas, maka akan masuk ke halaman seperti berikut ini.

Silahkan pilih salah satu tipe pengguna. Jika anda seorang guru maka pilih gambar/tulisan guru, dan jika anda siswa maka klik gambar/tulisan siswa.

3. Mengisi identitas diri

Setelah memilih salah satu tipe pengguna, maka anak muncul halaman Daftar Baru. Disini anda perlu mengisi data-data yang diminta, yaitu:

Data Sekolah
- Provinsi
- Kabupaten
- Jenjang
- Sekolah

Data Akun
- NUPTK / No KTP
- Nama Depan
- Nama Belakang

Data Diri
- User Name
- Password
- Konfirmasi Password
- Email Alternatif

4. Klik tombol “Daftar”

Jika semua biodata sudah terisi, langkah selanjutnya adalah menekan tombol DAFTAR. Silahkan tunggu beberapa saat, dan secara otomatis akan kembali ke halaman depan (beranda). Ini menandakan bahwa pendaftaran sudah berhasil dan anda bisa mengakses semua fiturnya.

Cara Daftar Rumah Belajar Lewat Smartphone/Android

Bagi anda yang ingin lebih mudah lagi mengakses Rumah Belajar dalam genggaman tangan, bisa juga mendaftar lewat gadget anda.

1. Install aplikasi Rumah Belajar di Play Store

Silahkan buka play store dan ketikkan kata "Rumah Belajar" di kolom pencarian. Jika sudah menemukan klik dan install. Aplikasi yang satu ini tergolong ringan jika dibandingkan aplikasi pada umumnya.

2. Melakukan pendaftaran

Setelah berhasil terinstall di handphone anda, lakukan pendaftaran dengan cara berikut ini.
a. Buka aplikasi Rumah Belajar
b. Scroll ke bawah hingga menemukan salah satu fitur utama. Disini saya mencontohkan fitur Sumber Belajar. Klik Coba Sekarang.
c. Tekan tombol MASUK yang berada di pojok kanan atas. Seperti gambar di bawah ini:

d. Klik tulisan Buat Akun. Seperti pada gambar di bawah ini:

d. Setelah mengklik tombol Buat Akun, muncul tampilan Daftar Baru. Disini yang harus anda lakukan adalah memilih tipe pengguna (sebagai guru atau sebagai siswa).

e. Isikan data-data yang diminta. Data yang harus anda isikan diantaranya:
- NUPTK (bagi guru) atau NISN (untuk siswa)
- Nama depan
- Nama belakang
- Surel (alamat email)
- Kata sandi
- Konfirmasi kata sandi

4. Menekan tombol “Daftar”

Saat semua biodata terisi, tekan tombol daftar dan anda sudah menyelesaikan prosedur pendaftaran ini.

Pilih Cara Daftar yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Hal yang juga penting adalah pilih cara daftar Rumah Belajar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebagai perbandingan, bagi Anda yang ingin menggunakan sebagai bahan belajar disarankan untuk memanfaatkan HP/Smartphone.

Namun jika Anda rekan guru ingin menggunakannya sebagai media pembelajaran di kelas, maka disarankan juga untuk mengkases lewat PC/laptop. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa untuk menampilkan video atau materi-materi di Rumah Belajar kepada siswa. Selamat mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar