Skip to main content

Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Bacaan doa merupakan penutup dalam setiap pelaksanaan upacara. Orang yang ditunjuk membacakan doa umumnya adalah yang cakap dan mampu khususnya di bidang ilmu agama. Dengan pelafalan yang baik, diharapkan para hadirin bisa meresapi dan khusyuk mendengarkan lantunan doa yang dibacakan.

Teks doa yang juga hendaknya disesuaikan dengan hari besar apa yang sedang diperingati. Termasuk teks doa berikut ini yang bisa dibacakan pada saat upacara Hari Kesaktian Pancasila.

- - - - - -

DOA
UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA
1 OKTOBER 2019
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ . يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ . اَللّهُـمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَاوَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ . اللَّهُمَّ أَعِنّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Maha Pengasih Lagi Penyayang,
Dalam suasana yang khidmat ini, kami persembahkan puja dan puji syukur serta do’a keharibaan-Mu. Kami memohon kepada-Mu curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan, kesatria kusuma bangsa yang telah mendahului kami.

Sesuai dengan janji-Mu, ya Allah, lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanan mereka. Terimalah dharma bakti dan amal shaleh mereka, jadikanlah mereka sebagai syuhada dan pahlawan bangsa yang Engkau ridhai. Dekatkanlah mereka di sisi-Mu ya Allah dan dekatkanlah pula hati kami dengan semangat juang mereka.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,
Jadikanlah Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami, jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan.

Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil dan sejahtera, Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemurah,
Berikanlah kepada kami dan kepada para pemimpin kami kekuatan serta keteguhan hati untuk menegakkan kebenaran dan menjunjung tinggi keadilan. Tanamkan dalam diri kami dan para pemimpin kami kearifan dalam berpikir, kecermatan dalam bertindak, serta kejujuran dalam menjalankan tugas dan kewajiban, agar setiap urusan kami membuahkan hasil yang bermanfaat untuk bangsa dan negara kami.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul Do’a,
Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami dan guru-guru kami, para pemimpin kami dan dosa para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan para syuhada kami, yang penuh tetesan keringat, darah dan air mata, dengan imbalan yang berlipat ganda. Kabulkanlah permohonan dan doa kami, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار ِ.وَأَدْخِلْنَا الجَنَّةَ مَعَ اْلأَبْرَارِ, يَا عَزِيْزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ . سُبْحاَنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

-----

Demikianlah salah satu doa upacara hari kesaktian pancasila yang bisa dibacakan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar