Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2021

hari kesaktian pancasila

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 153 tahun 1967. Penetapan tanggal ini tentunya berhubungan dengan peristiwa pemberontakan G30S/PKI yang ingin melawan ideologi Pancasila.

Tanggal 1 Oktober 1965 dipandang memiliki ciri dan corak yang khusus sebagai suatu hari untuk lebih mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 mengambil tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Kita dihimbau untuk mengibarkan bendera setengah tiang (tanggal 30 September 2021) dilanjutkan mengibarkan bendera satu tiang penuh (tanggal 1 Oktober mulai pukul 06.00 WIB).

Kemudian tepat hari Jumat, 1 Oktober 2021, segenap instansi pemerintah diinstruksikan untuk menyelenggarakan upacara bendera.

Baca juga : Doa Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Nah baru-baru ini, Kemendikbudristek telah merilis pedoman upacara yang dimaksud. Berikut ini susunan/urutan acara pokok upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021:

  1. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara
  2. Laporan Komandan Upacara, upacara siap
  3. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
  4. Pembacaan Teks Pancasila
  5. Pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
  6. Pembacaan Naskah Ikrar
  7. Pembacaan Naskah Doa
  8. Andhika Bhayangkari (menyesuaikan)
  9. Laporan Komandan Upacara, upacara selesai
  10. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara
  11. Upacara selesai

Sumber: Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila.pdf

Demikian informasi yang dapat kami bagikan berkenaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021. Semoga hari besar ini menjadi bahan refleksi kita bersama untuk setia mengawal Pancasila sebagai ideologi bangsa kita Indonesia, serta kita selalu menunjukkan perilaku yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Salam..

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.