Skip to main content

SE Peringatan Hari Batik Tahun 2019

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional dan sekaligus Hari Batik Dunia. Tahun ini hari batik genap berusia 10 tahun terhitung sejak pertama kali ditetapkan tahun 2009. Apa yang menarik dalam perayaan tahun ini?

Salah satu yang berbeda adalah puncak perayaan hari batik akan digelar di dua kota, yaitu Jakarta dan Solo. Di Jakarta, acara akan berlangsung pada pada 24-27 September. Sedangkan di Solo tepat dilangsungkan pada hari H, 2 Oktober.

Batik merupakan kebanggaan kita bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, UNESCO secara resmi menetapkan batik sebagai salah satu warisan dunia. Batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia, dan menjadi cerminan dari keragaman budaya Indonesia dilihat dari motifnya yang beragam.

Atas dasar itulah, maka peringatan hari batik juga merupakan upaya menjunjung tinggi warisan nenek moyang. Terkait hal ini, Kemdikbud menerbitkan surat edaran peringatan Hari Batik Nasional tahun 2019. Surat edaran ini ditujukan kepada:

  • Para Pimpinan Unit Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Kemenerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Para Kepala Sekolah/Madrasah Seluruh Indonesia.
Surat edaran ini berisi himbauan untuk bersama-sama merayakan hari batik dengan berbagai cara. Berikut isi himbauan yang tertuang dalam surat edaran Kemdikbud 110505/A.A6.2/TU/2019:
  1. mengenakan pakaian batik pada tanggal 2 Oktober 2019;
  2. menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mempromosikan batik seperti pameran, peragaan busana, lomba membatik dengan teknik canting, dan lain-lain;
  3. menghias gedung instansi masing-masing dengan hiasan bernuansa batik selama 5 (lima) hari mulai tanggal 30 September s.d 5 Oktober 2019.

Download SE Peringatan Hari Batik.

Nah, bagaimana dengan anda? Apakah juga tertarik untuk andil menyemarakkan hari besar ini? Ya paling tidak dengan mengenakan batik di tempat kerja atau menghadiri acara pada tanggal yang tertera di atas, termasuk wujud kepedulian terhadap hari batik ini. Apalagi busana batik yang dipakai adalah batik khas daerah masing-masing.

Tapi terlepas dari itu semua, kita patut berbangga karena kecintaan masyarakat Indonesia terhadap busana khas Indonesia ini sangat tinggi. Terbukti batik tidak hanya dipakai pada dalam acara-acara tradisional atau kegiatan budaya. Hampir semua instansi pemerintah maupun swasta mewajibkan batik sebagai salah satu seragam hariannya. Banyak juga acara formal dan non formal yang mengharuskan pesertanya mengenakan batik.

Demikian informasi tentang hari batik 2019, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar