Skip to main content

Info Jadwal Pendaftaran CPNS Tahun 2019 dari BKN

Informasi tentang kapan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2019 saat ini sedang ditunggu banyak kalangan. Terutama oleh mereka yang baru kali ingin mendaftar atau yang sudah pernah ikut seleksi sebelumnya namun masih gagal karena nilai tidak memenuhi passing grade.

Nah baru-baru ini BKN selaku penyelenggara sistem seleksi nasional CPNS memberikan informasi terbaru perihal jadwal rekrutmen CPNS tahun ini. Berikut ini informasi yang admin kutip dari Siaran Pers BKN Nomor: 086/RILIS/BKN/X/2019:

  • Jumlah formasi CPNS sebanyak 197.117, dengan rincian : Instansi Pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda). 
  • Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat).
  • Pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019

Sumber gambar : Akun Facebook BKN

Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019 sesuai gambar di atas dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Oktober 2019 : Penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran
  2. November 2019 : Pengumuman pendaftaran dan pembukaan pendaftaran
  3. Desember 2019 : Pengumuman hasil seleksi administrasi
  4. Januari 2020 : Masa sanggah dan pengumuman jadwal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)
  5. Februari 2020 : Pelaksanaan SKD
  6. Maret 2020 : Pengumuman hasil SKD dan Pelaksanaan SKB (Seleksi Komptensi Bidang)
  7. April 2020 : Integrasi Nilai SKD dan SKB

(Selanjutnya, tentunya BKN akan merilis batas tanggal untuk tiap tahapan di atas. Untuk itu, mari kita terus mengikuti informasi terbaru di website resmi bkn.go.id).

Alur Pendaftaran

Sumber gambar : Akun Facebook BKN

Pada saat pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput NIK dan Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga. Sebelum mendaftar, calon pelamar disarankan memastikan kedua data tersebut (NIK dan Nomor KK) telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id
  2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Lengkapi biodata
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen
  7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran

Sumber : https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/01/Rekrutmen-CPNS-2019-Segera-Dibuka-Infrastruktur-SSCASN-dan-CAT-BKN-Siap.pdf

Integrasi Data Pelamar SSCASN

Untuk integrasi data pelamar, BKN bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil, Kemendikbud, Kemenristekdikti, dan Kemenkes.

  1. Integrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) digunakan sebagai awal data pendaftaran SSCASN, dimana BKN dan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (DITJEN DUKCAPIL).
  2. Integrasi data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dilakukan untuk validasi data Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang terdata di Dapodik (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
  3. Integrasi data Akreditasi Program Studi maupun Akreditasi Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi dilakukan dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan data Nomor Ijazah untuk diintegrasikan sebagai validasi Pendidikan Pelamar SSCASN.
  4. Integrasi Surat Tanda Registrasi (STR) adalah Kerjasama BKN-Kementerian Kesehatan yang diintegrasikan bersama:
  • KKI (Konsil Kedokteran Indonesia)
  • KTKI (Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia)
  • KFN (Komite Farmasi Indonesia

Sumber : Akun facebook BKN

Demikian informasi terbaru berkenaan dengan pendaftaran seleksi CPNS 2019 dari BKN, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang sudah berencana mengikuti seleksi menjadi ASN/PNS baik di formasi guru, tenaga kesehatan, dan lain-lain. Dan yang paling penting, mari kita bijak menyikapi informasi yang beredar dengan selalu mencari informasi yang bersumber dari website resmi BKN atau website resmi pemerintah daerah masing-masing.

(Artikel ini telah diupdate pada tanggal 19-10-2019. Informasi terbaru tentang seleksi CPNS akan admin update di blog ini, terima kasih).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar