Skip to main content

Pedoman Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019

Dasar penetapan Hari Guru Nasional (HGN) pertama kali adalah Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, lalu dimantapkan oleh Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. HGN diperingati setiap tanggal 25 November, mengacu pada hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia, sebuah organisasi profesi guru terbesar di Indonesia yang lahir pada tanggal 25 November 1945.

Dengan demikian, peringatan Hari Guru Nasional sekaligus merupakan Hari Ulang Tahun PGRI. Pada tahun 2019 ini, PGRI genap berusia 74 tahun. Usia yang cukup matang matang dan dewasa bagi sebuah organisasi. Dalam perjalanannya, PGRI terus berupaya mewujudkan guru yang profesional, sejahtera, dan bermartabat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Terkait dengan Peringatan HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019, PGRI telah merilis pedoman yang diharapkan bisa menjadi acuan bagi seluruh pengurus PGRI di semua tingkatan. Berikut ini kami rangkum isi pedoman yang dimaksud, dan bagi anda yang ingin melihat dokumen yang lengkap bisa mengunduhnya pada bagian akhir artikel ini.

Baca juga: 10 Gambar Ucapan Selamat Hari Guru Terbaru

Tema HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional 2019

Tema yang diambil pada peringatan kali ini adalah “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul”.

Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan kesadaran dan komitmen guru dan pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan pembangunan karakter bangsa.
  2. Memacu kinerja dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya memacu kinerja dan dan kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan sumber daya manusia sebagai basis terwujudnya generasi emas Indonesia tahun 2045
  3. Memperkuat semangat dan dedikasi guru melalui organisasi guru profesional PGRI dalam meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu
  4. Memperkuat rasa kebersamaan guru melalui organisasi profesi PGRI yang independen, demokratis dan berkesinambungan.
  5. Memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota kepada PGRI, sebagai organisasi profesi guru di Indonesia.
  6. Mendorong kepedulian pemerintah pemerintah daerah, dan masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dalam membangun pendidikan karakter bangsa yang cerdas, kompetitif, dan bermartabat.

Jenis Kegiatan

Rangkaian kegiatan peringatan Hut ke 74 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2019 dimulai bulan September sekaligus memperingati Hari Guru Internasional dan berakhir pada puncak acara pada akhir November atau awal Desember 2019 di Jakarta.

  1. Upacara peringatan
  2. Diskusi publik/seminar/talkshow/ forum ilmiah guru dan jumpa pers.
  3. Audiensi kepada pemerintah / pemerintah daerah.
  4. Penyebarluasan kegiatan atau kampanye melalui media
  5. Menulis opini pendidikan.
  6. Lomba menulis buku non fiksi
  7. Pemberian Anugerah guru honorer inspiratif.
  8. Penghargaan Dwija Praja Nugraha.
  9. Ziarah ke makam pahlawan atau ziarah ke makam tokoh pendidikan/PGRI.

Unduh dokumen lengkap Pedoman HUT PGRI ke-74 dan HGN 2019.
Sumber: pgri.or.id

Demikian uraian tentang pedoman HUT PGRI yang ditujukan bagi pengurus PGRI di semua tingkatan. Mudah-mudahan momen HUT kali ini bisa membawa semangat baru bagi guru-guru Indonesia, dan berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan kita, amiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar