Skip to main content

Pelaksanaan Program Induksi PPG Tahun 2019

Apa itu program Induksi PPG? Induksi PPG adalah program pendalaman modul melalui bimbingan belajar yang diperuntukkan bagi peserta (guru madrasah) yang tidak lulus UKMPPG tahun 2018.

Berdasarkan surat edaran Dirjen Pendis tertanggal 22 Oktober 2019, program induksi PPG akan diselenggarakan di 3 PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yaitu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Alauddin Makassar. Bagi anda yang berstatus peserta PPG Kemenag tahun 2018 dan belum lulus uji pengetahuan, kiranya perlu mengikuti program ini agar mempermudah dalam mengikuti UKMPPG yang akan datang.

Berikut informasi berkenaan dengan program induksi PPG:

  1. Peserta adalah guru madrasah yang pernah ditetapkan sebagai peserta PPG dalam Jabatan Tahun 2018 yang sampai saat ini berstatus belum lulus Uji Pengetahuan.
  2. Induksi PPG merupakan program pendalaman modul melalui bimbingan belajar yang diperuntukkan bagi peserta yang tidak lulus UKMPPG tahun 2018.
  3. Bagi guru madrasah yang akan mengikuti program ini diminta untuk segera mendaftarkan diri secara mandiri melalui 3 (tiga) LPTK sebagaimana dimaksud di atas.
  4. Biaya bimbingan belajar dan konsumsi selama pelaksanaan sesi di perguruan tinggi sepenuhnya ditanggung oleh LPTK. Adapun transportasi, akomodasi, dan living cost ditanggung oleh guru madrasah masing-masing.
  5. Waktu pelaksanaan program Induksi PPG sebagaimana terlampir.

Mengingat pentingnya pelaksanaan program ini, kami mohon kiranya Bapak/Ibu mensosialisasikan kepada seluruh guru madrasah di wilayah binaannya masing-masing untuk menindaklanjuti sebagaimana mestinya. Melalui program Induksi PPG Tahun 2019 ini, diharapkan guru madrasah akan lebih siap dan mampu mengikuti pelaksanaan UKMPPG Tahun 2019 dengan memperoleh hasil yang lebih baik.

Daftar PTKIN Penyelenggara Program Induksi PPG Tahun 2019

No Nama LPTK Program Studi
1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Guru Kelas RA, Guru Kelas MI
2 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Guru Kelas MI, Fikih, Akidah Akhlak, Quran Hadis, SKI, Bahasa Arab
3 UIN Alauddin Makassar Guru Kelas MI, Fikih, Akidah Akhlak, Quran Hadis, SKI, Bahasa Arab

Waktu Pelaksanaan:

  • - : Pendafataran Program Induksi
  • 4 – 5 November 2019 : Stadium General
  • 5 – 11 November : Tugas Mandiri dan Pembimbingan Secara Intensif
  • 12 November 2019 : Try Out 1
  • 13 – 17 November 2019 : Pendalaman dan Pembahasan Hasil Try Out 1
  • 18 November 2019 : Try Out 2
  • 19 -20 November 2019 : Pendalaman dan Pembahasan Hasil Try Out 2

Sumber : Surat Edaran Dirjen Pendis No B.3625.I/DJ.I/Dt.I.II/PP.00.5/10/2019

Demikian informasi tentang Program Induksi PPG Guru Madrasah Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar