Peringatan Hari Oeang ke-73 Tahun 2019

hari oeang 2019

Kita semua tentu tahu mata uang Indonesia adalah rupiah. Tapi, tahukah anda bahwa sebelum rupiah dikenal sebagai mata uang resmi, dulunya dikenal dengan Oeang Republik Indonesia.

30 Oktober 1946 adalah tanggal diberlakukannya Oeang Republik Indonesia (ORI) secara resmi melalui UU RI Nomor 19 Tahun 1946. Tanggal inilah yang menjadi acuan penetapan Hari Keuangan Nasional atau disebut juga Hari Oeang Republik Indonesia (HORI).

Sejak ditetapkan pertama kali, maka uang ORI secara resmi menggantikan uang NICA dan uang Jepang. Tujuan adanya ORI saat itu adalah untuk membangun perekonomian Indonesia karena pada saat awal masa kemerdekaan merupakan masa-masa yang berat dengan buruknya keadaan ekonomi dan politik Indonesia.

Tema dan Logo

Tema : Maju Bersama Menghadapi Tantangan

Tema tersebut mengandung amanat bahwa kementerian keuangan harus terus mengalami kemajuan setiap tahunnya dalam hal pengelolaan APBN baik dari sisi pengelolaan penerimaan negara, belanja, transfer ke daerah, hingga pembiayaan.

logo hari oeang
Logo standard digunakan pada latar berwarna putih dan cerah - download logo 1
logo hari oeang 2
Warna biru pada logo diubah menjadi putih apabila warna latar berwarna biru - download logo 2
logo hari oeang 3
Logo warna putih digunakan pada latar berwarna hitam dan gelap - download logo 3

Makna logo:

  • Angka 73 menunjukkan Hari Oeang Republik Indonesia ke-73. Kedua angka tersebut saling terhubung melambangkan gerak langkah seluruh elemen di Kementerian Keuangan untuk maju bersama menghadapi tantangan.
  • Bendera merepresentasikan kemerdekaan.
  • Warna biru melambangkan kewaspadaan, kesetiaan, ketekunan, dan keadilan.
  • Tangga merepresentasikan upaya perbaikan terus menerus menuju puncak kejayaan.
  • Penggunaan huruf kecil mengesankan keramahan dan manusiawi, berkebalikan dengan penggunaan dengan huruf kapital yang terkesan otoriter dan memaksa.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk merayakan Hari Oeang tahun ini, baik yang digelar oleh Kementerian Keuangan maupun instansi di bawahnya. Seperti lomba-lomba bidang olahraga, donor darah, jalan santai, dan lain-lain. Ada juga lomba video/vlog yang digelar khusus bagi pegawai kementerian keuangan.

Demikian informasi tentang Hari Oeang (HORI) ke-73 Tahun 2019. Mudah-mudahan bermanfaat.

Sumber : www.kemenkeu.go.id

Terima kasih telah mengunjungi lapak sederhana ini. Kehadiran dan dukungan Anda adalah penyemangat saya untuk terus menulis dan berbagi informasi tentang pendidikan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.