Skip to main content

Tema dan Logo Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019

Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober, didasarkan pada peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal yang sama tahun 1928. Sehingga tahun ini kita memperingati hari sumpah pemuda yang ke-91.

Perayaan HSP penting untuk dijadikan releksi tentang peran pemuda saat ini. Apakah remaja dan pemuda sekarang sudah mengimplementasikan semangat yang ditunjukkan para pemuda 1928 lalu, dimana mereka bersatu melepaskan atribut jongnya masing-masing untuk berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Hari Sumpah Pemuda juga perlu dimaknai secara utuh, tidak hanya mengulangi deklarasi saja. Para muda saat itu menjadikannya sebagai semangat perjuangan, konsistensi, dan kolaborasi luar biasa sehingga 17 tahun setelahnya tercapai kemerdekaan. Dengan memahaminya secara utuh, kita akan bisa menerapkan nilai Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian.

Baca juga : Kumpulan Gambar Ucapan Hari Sumpah Pemuda

Nah, seperti apa tema dan logo Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019?

Tema

Peringatan HSP 2019 ini mengambil tema Bersatu Kita Maju dengan tagline #BersatuKitaMaju.

Tema tersebut merupakan simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan Nasional Bangsa yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Sehingga dengan tema ini, diharapkan para pemuda kembali bersatu sebagai modal penting negara ini menjadi lebih maju.

Logo

Untuk mengunduh logo berukuran besar dalam format png, silahkan klik disini

Makna Logo HSP 2019:

  1. Logo Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 menyerupai Monumen Pemuda dengan Kepalan Tangan Jempol yang membentuk angka 91.
  2. Monumen: Dimaksudkan bahwa pemuda senantiasa menjadi agen perubahan dan pergerakannya selalu monumental.
  3. Ilustrasi Kepalan Tangan Jempol: Dimaksudkan sebagai pemuda selalu bersemangat dan terdepan sebagai pelopor pembaharu.
  4. Ilustrasi Angka 91: Dimaksudkan bahwa Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 merupakan HSP yang ke 91 tahun.
  5. Warna merah-hijau-biru-kuning: Dimaksudkan bahwa kita mengakui keberagaman dengan tetap menjunjung tinggi persatuan karena jika warna tersebut berbaur menjadi satu akan menghasilkan warna putih yang bermakna suci dan baik.
  6. Tulisan SUMPAH PEMUDA Berwarna Merah Putih: Dimaksudkan bahwa Sumpah Pemuda menjadi pondasi yang kuat dan kokoh untuk ikrar suci satu nusa satu bangsa & satu bahasa, INDONESIA, dikuatkan dengan tema bersatu kita maju.

Sumber : Kemenpora.go.id

Ya, semangat persatuan sudah dicontohkan secara nyata oleh para pemuda yang berikrar tahun 1928 lalu. Mimpi dan cita-cita mereka telah tercapai dengan datangnya kemerdekaan. Tinggal kita sebagai penerus yang mengisi kemerdekaan ini sudah seharusnya untuk terus berkarya yang positif di bidangnya masing-masing, dan yang terpenting tidak menciptakan provokasi yang memicu konflik baik di media sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat Hari Sumpah Pemuda! #HSP2019 #BersatuKitaMaju

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar