Skip to main content

PP Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus

Kawasan Ekonomi Khusus adalah kawasan dengan batasan tertentu yang yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu. Suatu kawasan ditetapkan pemerintah sebagai KEK karena memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategis wilayah serta diberikan fasilitas dan insentif khusus sebagai daya tarik invenstasi.

Sampai saat ini, sudah ada 15 daerah yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, terdiri dari 9 (sembilan) KEK Industri dan 6 (enam) KEK Pariwisata. KEK Industri merupakan kawasan yang diperuntukkan bagi aktivitas industri bernilai tambah. Sedangkan KEK Pariwisata merupakan kawasan yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha pariwisata untuk mendukung penyelenggaraan hiburan dan rekreasi, pertemuan serta kegiatan terkait.

Suatu wilayah ditetapkan sebagai KEK Industri berdasarkan keunggulan yang dimiliki oleh kawasan tersebut, yaitu keunggulan sumber daya alam (SDA) dan keunggulan geografis.

Nah, untuk menyesuaikan penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus dengan perkembangan dan kebutuhan hukum dalam masyarakat saat ini, pemerintah telah menetapkan peraturan terbaru yang ditetapkan pada tanggal 6 Januari 2020. Bagi anda yang menginginkan salinan PP yang dimaksud, silahkan mengunduhnya pada link di bawah ini.

PP Nomor 1 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus Unduh

PP tersebut antara lain berisi tentang Pengusulan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus, Penetapan Kawasan Ekonomi Khusus, Pembangunan dan Pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus, Pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus, dan Ketentuan Peralihan.

Demikian informasi tentang terbitnya peraturan pemerintah (PP) yang mengatur tentang penyelenggaran kawasan ekonomi khusus. Semoga pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus ini bisa mempercepat perkembangan daerah serta menjadi model terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi sehingga dapat menciptakan lapangan kerja.

Sumber: jdih.kemdikbud.go.id, kek.go.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar